Nurkumalasari (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA DAN AKTIVITAS SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123331034 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM 4123331034 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
3. NIM 4123331035 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
4. NIM 4123331035 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
5. NIM 4123331035 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
6. NIM 4123331035 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM 4123331035 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
8. NIM 4123331035 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
9.NIM 4123331035 BAB I .pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
13. NIM 4123331035 BAA v.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
14. NIM 4123331035 DAFTAR FUSTAKA .pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia
dan aktivitas siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning
(PBL) dengan Inkuiri Terbimbing pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit.
Penelitian ini merupakan penelitian eksprimen. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas X SMK Kartini Utama yang tediri dari tiga kelas.
Pengambilan sampel dilakukan dengan acak yaitu secara undian diambil 2 kelas
dari 3 kelas yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksprimen I dan kelas X-2 sebagai
eksprimen II. Sampel penelitian kelas eksprimen I dan kelas eksprimen II masingmasing
berjumlah 32 dan 35 orang. Instrumen test yang digunakan adalah
instrument test dan nontest. Instrumen test digunakan untuk mengetahui hasil
belajar siswa berupa tes objektif dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 20 soal
dan instrument non test digunakan untuk mengetahui aktivitas selama proses
pembelajaran berlangsung. Kelas eksprimen I diberikan perlakukan dengan model
pembelajaran Problem Based Learning dan kelas eksprimen II diberikan
perlakuan dengan model Inkuiri Terbimbing. Dikedua kelas diberikan perlakuan
yang sama yaitu pada pertemuan awal dilakukan pretest dan pada pertemuan
terakhir dilakukan posttest. Data hasil belajar siswa diuji normalitas dan
homogenitasnya, hasil yang diperoleh kedua kelompok sampel homogen dan
berdistribusi normal. Perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa dilihat dari nilai
post-test masing-masing eksperimen. Hasil belajar kimia siswa yang diperoleh
dari eksperimen I sebesar 86,40±5,11 sedangkan hasil belajar kimia siswa dari
eksperimen II sebesar 82,00±44,41. Nilai aktivitas siswa pada eksperimen I
sebesar 85,75±5,44 sedangkan eksperimen II sebesar 81,43±6,87. Dalam hal ini
dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar kimia dan aktivitas siswa
yang dibelajarkan dengan Model Problem Based Learning dengan Inkuiri
Terbimbing.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 166 |
Keywords: | Inkuiri Terbimbing; Hasil Belajar; Aktivitas Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Oct 2016 07:26 |
Last Modified: | 20 Oct 2016 07:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20720 |