Sormin, Johannes (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR ATOM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4123131048 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2 NIM 4123131048 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
3 NIM 4123131048 ABSTRCT.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
4 NIM 4123131048 PREFACE.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
5 NIM 4123131048 TABLE OF CONTEST.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
6 NIM 4123131048 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
7 NIM 4123131048 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8 NIM 4123131048 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
9 NIM 4123131048 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (516kB) | Preview
13 NIM 4123131048 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
14 NIM 4123131048 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya : interaksi antara model PBL (Problem Based Learning) dan motivasi terhadap hasil belajar kimia siswa, interaksi antara model DI (Direct Instruction) dan motivasi terhadap hasil belajar kimia siswa, korelasi yang signifikan antara motivasi dan hasil belajar kimia siswa. Motivasi dalam penelitian ini dikelompokkan menjadi dua kelompok yaitu motivasi belajar siswa yang tinggi dan motivasi belajar siswa yang rendah.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA I dan X MIPA IV. Teknik pengambilan data siswa dilakukan secara Random. Dalam penelitian ini digunakan rancangan ANAVA (faktorial) 2x2, yang berarti ada dua faktor yang diteliti yaitu faktor model pembelajaran dan faktor motivasi belajar. Data yang diamati adalah hasil belajar kimia yang diperoleh dengan pemberian pretest dan postest dengan menggunakan soal pilihan berganda sebanyak 23 item yang sudah memenuhi syarat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Data yang diperoleh diuji normalitas dan homogenitasnya, selanjutnya uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis ragam.
Hasil hipotesis menunjukkan Fhitung < Ftabel dimana Fhitung (AB) = 0,346 sedangkan Ftabel = 1,69; maka Ho diterima berarti tidak ada interaksi antara model PBL (Problem Based Learning) ataupun DI (Direct Instruction) dan motivasi terhadap hasil belajar kimia siswa. Disisi lain hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara motivasi dan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen I yang dibuktikan dengan rhit> rtabel dimana 0,534 > 0,312 yang berarti Ho ditolak. Begitu pula dengan kelas eksperimen II menunjukkan adanya korelasi yang signifikan antara motivasi dengan hasil belajar siswa yakni rhit > rtabel dimana 0,721 > 0,312.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 155 |
Keywords: | Hasil Belajar Kimia; Model Problem Based Learning; Model Direct Interaction; Motivasi. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Oct 2016 07:01 |
Last Modified: | 20 Oct 2016 07:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20715 |