Simanungkalit, Tirma Putri (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI PERNAPASAN EKSPIRASI DI SMA SWASTA KARTIKA I – 2 MEDAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4121141029 COVER.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
2. NIM 4121141029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
3. NIM 4121141029 ASTRACT.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
4. NIM 4121141029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
5. NIM 4121141029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
6. NIM 4121141029 TABLE OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 4121141029 TABLES.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
8. NIM 4121141029 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
9. NIM 4121141029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
13. NIM 4121141029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
14. NIM 4121141029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Kartika I – 2 Medan pada bulan Mei 2016, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian non – equivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari 34 murid (kelas eksperimen) dan 34 murid (kelas kontrol). Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir kritis dan tes keterampilan proses sains. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata – rata posttest kelompok eksperimen untuk berpikir kritis sebesar 44,77 dengan standar deviasi 11,60 dan kelompok kontrol sebesar 23,9 dengan standar deviasi 8,58. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata – rata posttest keterampilan proses sains kelompok eksperimen sebesar 64,77 dengan standar deviasi 5,68 dan kelompok kontrol sebesar 34,48 dengan standar deviasi 5,63. Hasil uji – t menunjukkan bahwa thitung untuk kemampuan berpikir kritis sebesar 8,43 lebih besar dari ttabel yaitu 1,67 dengan taraf signifikasi 5%, maka hipotesis alternative (Ha) diterima. Hasil uji –t menunjukkan bahwa thitung untuk keterampilan proses sains sebesar 22,10 lebih besar dari ttabel yaitu 1,67 dengan taraf signifikasi 5%, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikasi model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 195 |
Keywords: | Model Inkuiri Terbimbing; Kemampuan Berpikir Kritis; Keterampilan Proses Sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QL Zoology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Oct 2016 08:33 |
Last Modified: | 18 Oct 2016 08:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20654 |