PENGARUHMODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH AUTENTIK SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 6 BINJAI T.P 2015/2016

Sebayang, Annisa Wildayani (2016) PENGARUHMODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH AUTENTIK SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 6 BINJAI T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 NIM 4123321007 COVER.pdf]
Preview
Text
1 NIM 4123321007 COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM 4123321007 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2 NIM 4123321007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 4 NIM 4123321007 ABSTRACK.pdf]
Preview
Text
4 NIM 4123321007 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 5 NIM 4123321007 PREFACE.pdf]
Preview
Text
5 NIM 4123321007 PREFACE.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 6 NIM 4123321007 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
6 NIM 4123321007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 7 NIM 4123321007 ILUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7 NIM 4123321007 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 8 NIM 4123321007 TABLE.pdf]
Preview
Text
8 NIM 4123321007 TABLE.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 9 NIM 4123321007 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
9 NIM 4123321007 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 10 NIM 4123321007 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
10 NIM 4123321007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM 4123321007 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
14 NIM 4123321007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 15 NIM 4123321007 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15 NIM 4123321007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 3 NIM 4123321007 BIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
3 NIM 4123321007 BIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based
Learning terhadap keterampilan memecahkan masalah autentik siswa pada materi
pokok fluida statis. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian
adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 6 Binjai. Pengambilan
sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 dari
3 kelas secara acak yaitu kelas eksperimen dan kontrol masing-masing X1 dan
X2. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model
Problem Based Learning dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional.
Untuk memperoleh data keterampilan pemecahan masalah dalam penelitian,
digunakan tes uraian berjumlah 10 item yang telah divalidkan. Untuk memperoleh
data aktivitas siswa, digunakan lembar observasi dengan 2 orang sebagai
pengamat. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen
dan kelas kontrol masing-masing sebesar 15,48 dan 15,30. Kemudian diberikan
perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model Problem Based
Learning dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah dilakukan
perlakuan, nilai rata-rata posteskelas eksperimen dan kontrol masing masing
sebesar 83,2 dan 70,48. Hasil uji t diperoleh thitung = 5,8965 dan ttabel = 1,93
sehingga thitung> ttabel maka Ha diterima. Hasil ini menggambarkan bahwa ada
perbedaan akibat pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap
keterampilan memecahkan masalah autentik siswa di kelas X semester II pada
materi pokok fluida statis di SMA Negeri 6 Binjai T.P. 2015/2016. Kesimpulan
yang di dapat adalah penggunaan model Problem Based Learning keterampilan
pemecahan masalahnya lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran
konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 FIS 121
Keywords: Model Problem based learning; Quasi eksperimen; Keterampilan pemecahan masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Oct 2016 07:06
Last Modified: 17 Oct 2016 07:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20594

Actions (login required)

View Item
View Item