Sebayang, Annisa Wildayani (2016) PENGARUHMODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH AUTENTIK SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 6 BINJAI T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4123321007 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2 NIM 4123321007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
4 NIM 4123321007 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
5 NIM 4123321007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
6 NIM 4123321007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
7 NIM 4123321007 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
8 NIM 4123321007 TABLE.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
9 NIM 4123321007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
10 NIM 4123321007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
14 NIM 4123321007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
15 NIM 4123321007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
3 NIM 4123321007 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based
Learning terhadap keterampilan memecahkan masalah autentik siswa pada materi
pokok fluida statis. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian
adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 6 Binjai. Pengambilan
sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 dari
3 kelas secara acak yaitu kelas eksperimen dan kontrol masing-masing X1 dan
X2. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model
Problem Based Learning dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional.
Untuk memperoleh data keterampilan pemecahan masalah dalam penelitian,
digunakan tes uraian berjumlah 10 item yang telah divalidkan. Untuk memperoleh
data aktivitas siswa, digunakan lembar observasi dengan 2 orang sebagai
pengamat. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen
dan kelas kontrol masing-masing sebesar 15,48 dan 15,30. Kemudian diberikan
perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model Problem Based
Learning dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah dilakukan
perlakuan, nilai rata-rata posteskelas eksperimen dan kontrol masing masing
sebesar 83,2 dan 70,48. Hasil uji t diperoleh thitung = 5,8965 dan ttabel = 1,93
sehingga thitung> ttabel maka Ha diterima. Hasil ini menggambarkan bahwa ada
perbedaan akibat pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap
keterampilan memecahkan masalah autentik siswa di kelas X semester II pada
materi pokok fluida statis di SMA Negeri 6 Binjai T.P. 2015/2016. Kesimpulan
yang di dapat adalah penggunaan model Problem Based Learning keterampilan
pemecahan masalahnya lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran
konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 121 |
Keywords: | Model Problem based learning; Quasi eksperimen; Keterampilan pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Oct 2016 07:06 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 07:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20594 |