Hutabalian, Kalson (2016) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI MODEL CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 LUBUK PAKAM KECAMATAN LUBUK PAKAM KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, UNIMED.
1 Cover.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2 Lembar Persetujuan dan pengesahan.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
3 Abstrak.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
4 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
5 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
6 Daftar tabel.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8 Daftar Grafik.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
10 BAB I.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
14 BAB V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
15 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilanan menulis narasi Melalui Model CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Lubuk Pakam Kecamatan Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas dengan jumlah siswa 34 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari tes kemampuan menulis narasi, observasi proses pembelajaran. Analisis data untuk melihat adanya peningkatan keterampilan menulis narasi, dan proses pembelajaran yang diolah dengan menggunakan program Ms. Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa. Hal ini diketahui adanya peningkatan nilai rata-rata keterampilan menulis narasi siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 72,79 menjadi 76,96. Secara klasikal tingkat ketuntasan belajar siswa juga meningkat dari 64,70% pada siklus I menjadi 94,11% pada siklus II. Proses pembelajaran mengalami peningkatan dari 68,15 pada siklus I menjadi 79,41. Semua indikator proses pembelajaran juga memiliki rerata nilai ≥ 75. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.634 Hut u |
Keywords: | Keterampilan menulis; Menulis narasi; Gagasan tulisan; Program CIRC |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z1003 Choice of books. Books and reading. Book reviews Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Sep 2016 07:47 |
Last Modified: | 29 Sep 2016 07:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20165 |