Maria, Eva (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI PADA SISWA KELAS X SMA ADVENT AIR BERSIH MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136192011 COVER.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
2. NIM. 8136192011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
3. NIM. 8136192011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4. NIM. 8136192011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
5. NIM. 8136192011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM. 8136192011 TABLES.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
7. NIM. 8136192011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
11. NIM. 8136192011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
12. NIM. 8136192011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran sinektik dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran CIRC, (2) pengaruh penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis paragraf deskripsi, (3) interaksi antara model pembelajaran sinektik dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa. Subjek penelitian ini siswa kelas X SMA Advent Air Bersih Medan dengan jumlah 68 orang yaitu siswa kelas X-1 yang berjumlah 34 siswa dan kelas X-2 yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengambilan subjek dilakukan ebrdasarkan cluster random sampling. Metode penelitian adalah eksperimen dengan desain quasi eksperimen yang menggunakan faktorial 2 x 2. Oleh karena itu subjek dibagi atas 2 perlakuan yaitu kelompok yaitu kelompok siswa yang diberikan model pembelajaran sinektik (perlakuan I), yaitu pada siswa kelas X-1 dan kelompok siswa yang diberikan model pembelajaran CIRC (perlakuan II), yaitu pada siswa kelas X-2. Instrumen penguasaan kosakata dijaring dengan menggunakan tes objektif. Sedangkan keterampilan menulis paragraf deskripsi digunakan tes penugasan. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa yang diajarkan dengan model sinektik lebih tinggi dari pada yang diajarkan dengan CIRC, (2) keterampilan menulis paragraf deskripsi yang memiliki penguasaan kosakata tinggi lebih baik dari pada siswa yang mempunyai penguasaan kosakata rendah, (3) ada interaksi antara model pembelajaran dengan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis paragraf deskripsi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 411.071 2 Mar p |
Keywords: | Model pembelajaran; Penguasaan kosakata; Keterampilan menulis paragraf deskripsi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Sep 2016 04:16 |
Last Modified: | 26 Sep 2016 04:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20017 |