Ginting, Meta Br. (2016) PENGARUH BERMAIN KONSTRUKTIF DAN KONSEP DIRI TERHADAP PEROLEHAN PENGETAHUAN ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK YAYASAN PERGURUAN KRISTEN METHODIST INDONESIA BERASTAGI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146182028 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
3. NIM 8146182028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
4. NIM 8146182028 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
5. NIM 8146182028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
6. NIM 8146182028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM 8146182028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 8146182028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 8146182028 BAB I.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
13. NIM 8146182028 BAB V.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
14. NIM 8146182028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan perolehan pengetahuan melalui bermain konstruktif secara individual dibandingkan dengan anak yang bermain konstruktif secara berkelompok; (2) Perbedaan perolehan pengetahuan anak yang memiliki konsep diri positif dibandingkan dengan anak yang memiliki konsep diri negatif ; (3) Interaksi antara bermain konstruktif dengan konsep diri terhadap perolehan pengetahuan anak. Penelitian dilakukan di TK YPKMI Berastagi. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 X 2. Teknik analisis data menggunakan uji Friedman Two Way Anova dan uji interaksi dengan uji Bredenkamp pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perolehan pengetahuan anak yang bermain konstruktif secara individual berbeda dengan perolehan pengetahuan anak yang bermain konstruktif secara berkelompok 〖dengan nilai X〗^(2 ) hitung=14,26 ˃ X^2 tabel = 3,84; (2) Perolehan pengetahuan anak yang memiliki konsep diri positif berbeda dengan anak yang memiliki konsep diri negatif dengan nilai X^(2 ) hitung=6,6 ˃ X^2 tabel = 3,84; (3) Terdapat interaksi antara bermain konstruktif yang dilakukan secara individual atau berkelompok dan konsep diri positif atau negatif terhadap perolehan pengetahuan anak dengan nilai X2 hitung = 0,47 ˃ X2 tabel = 3,84.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.218 Gin p |
Keywords: | Pengetahuan anak TK; Diri anak TK; Bermain konstruktif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten L Education > LC Special aspects of education > LC361 Christian education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Sep 2016 04:14 |
Last Modified: | 22 Sep 2016 04:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19970 |