Novitri, Desi (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP SWASTA AR-RAHMAN MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146182004 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. NIM. 8146182004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
3. NIM. 8146182004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM. 8146182004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
5. NIM. 8146182004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
6. NIM. 8146182004 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
7. NIM. 8146182004 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 8146182004 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 8146182004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
13. NIM. 8146182004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
14. NIM. 8146182004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
Abstract
Adapun masalah yang akan dikaji dalam penelitian ini dibatasi pada model pembelajaran yang dipilah atas model pembelajaran CTL dan model pembelajaran ekspositori. Karakteristik peserta didik dibatasi pada kemampuan berpikir kritis tinggi dan kemampuan berpikir kritis rendah. Penelitian ini bertujuan:Untuk mengetahui apakah hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran CTL lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran ekspositori,hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi lebih tinggi dari pada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah,terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Sampel dalam penelitian ini dilakukan secara cluster random sampling sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama sebagai kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan kelas kedua sebagai kelas kontrol diterapkan model pembelajaran Ekspositori. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen teshasil belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 30 soal dan insrumentes berpikir kritis sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel.Teknik pengolahan data menggunakan statistik anava dua jalur dengan desain faktorial. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar PKn peserta didik yang diajarkan denganModel pembelajaran Contextual Teaching and Learning lebih tinggi dari peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran Ekspositori, hasil belajar PKn peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi lebih tinggi dari peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah dan ada interaksi antara Model Pembelajaran dan keterampilan berpikir kritis terhadap hasil belajar PKn model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Kemampuan berpikir kritis berinteraksi dalam mempengaruhi hasil belajar siswa dan tidak terdapat interaksi antara berpikir kritis tinggi dan rendah pada model pembelajaran Ekspositori.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.832 Nov p |
Keywords: | Berpikir kritis; Contextual teaching and learning; Hasil belajar; Model pembelajaran |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Sep 2016 08:48 |
Last Modified: | 21 Sep 2016 08:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19700 |