PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP SWASTA AR-RAHMAN MEDAN

Novitri, Desi (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP SWASTA AR-RAHMAN MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8146182004 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8146182004 COVER.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8146182004 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8146182004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8146182004 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8146182004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8146182004 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8146182004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8146182004 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8146182004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8146182004 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8146182004 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8146182004 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8146182004 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8146182004 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8146182004 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8146182004 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8146182004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8146182004 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8146182004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8146182004 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8146182004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview

Abstract

Adapun masalah yang akan dikaji dalam penelitian ini dibatasi pada model pembelajaran yang dipilah atas model pembelajaran CTL dan model pembelajaran ekspositori. Karakteristik peserta didik dibatasi pada kemampuan berpikir kritis tinggi dan kemampuan berpikir kritis rendah. Penelitian ini bertujuan:Untuk mengetahui apakah hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran CTL lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran ekspositori,hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi lebih tinggi dari pada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah,terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Sampel dalam penelitian ini dilakukan secara cluster random sampling sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama sebagai kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan kelas kedua sebagai kelas kontrol diterapkan model pembelajaran Ekspositori. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen teshasil belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 30 soal dan insrumentes berpikir kritis sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel.Teknik pengolahan data menggunakan statistik anava dua jalur dengan desain faktorial. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar PKn peserta didik yang diajarkan denganModel pembelajaran Contextual Teaching and Learning lebih tinggi dari peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran Ekspositori, hasil belajar PKn peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi lebih tinggi dari peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah dan ada interaksi antara Model Pembelajaran dan keterampilan berpikir kritis terhadap hasil belajar PKn model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Kemampuan berpikir kritis berinteraksi dalam mempengaruhi hasil belajar siswa dan tidak terdapat interaksi antara berpikir kritis tinggi dan rendah pada model pembelajaran Ekspositori.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.832 Nov p
Keywords: Berpikir kritis; Contextual teaching and learning; Hasil belajar; Model pembelajaran
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 21 Sep 2016 08:48
Last Modified: 21 Sep 2016 08:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19700

Actions (login required)

View Item
View Item