Samirah (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN KOGNITIF IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146182048 COVER.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
2. NIM 8146182048 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
3. NIM 8146182048 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
4. NIM 8146182048 PREFACE.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
5. NIM 8146182048 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM 8146182048 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM 8146182048 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 8146182048 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 8146182048 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
13. NIM 8146182048 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM 8146182048 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Discovery lebih baik dari siswa yang diajarkan dengan pembelajaran langsung (Direct Instruction); dan apakah kemampuan kognitif siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Discovery lebih baik dari siswa yang diajarkan dengan pembelajaran langsung (Direct Instruction). Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment dengan rancangan Random Pretest Postest Desain. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 101739 Sei Mencirim, yaitu populasi 3 kelas berjumlah 128 orang sedangkan sampel 2 kelas berjumlah 88 orang. Instrumen yang digunakan yaitu observasi keterampilan proses sains dan tes kemampuan kognitif. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Discovery lebih baik dari siswa yang diajarkan dengan pembelajaran langsung (Direct Instruction). Hal tersebut berdasarkan perolehan nilai rata-rata 89,85 pada pembelajaran Discovery lebih besar daripada pembelajaran langsung (Direct Instruction) dengan perolehan nilai rata-rata 82,95; dan (2) Kemampuan kognitif siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Discovery lebih baik dari siswa yang diajarkan dengan pembelajaran langsung (Direct Instruction). Hal tersebut berdasarkan perolehan nilai rata-rata 78,27 pada pembelajaran Discovery lebih besar daripada pembelajaran langsung (Direct Instruction) dengan perolehan nilai rata-rata70,27.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Sam p |
Keywords: | Hakikat pembelajaran; Teori belajar; Keterampilan proses sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Sep 2016 04:19 |
Last Modified: | 20 Sep 2016 04:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19655 |