Aufa, Mahrani (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERDASARKAN KONTEKS BUDAYA ACEH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SMPN 1 MUARA BATU. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146171049 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 8146171049 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (499kB) | Preview
3. NIM. 8146171049 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
4. NIM. 8146171049 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
5. NIM. 8146171049 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
6. NIM. 8146171049 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
7. NIM. 8146171049 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
8. NIM. 8146171049 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
9. NIM. 8146171049 BAB I.pdf - Published Version
Download (542kB) | Preview
13. NIM. 8146171049 BAB V.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
14. NIM. 8146171049 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Validitas perangkat PBM-BKBA yang dikembangkan; 2) Kepraktisan Perangkat PBM-BKBA yang dikembangkan; 3) Efektivitas perangkat PBM-BKBA yang dikembangkan; 4) Peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa SMPN 1 Muara Batu dengan menggunakan perangkat PBM-BKBA yang dikembangkan; 5) Peningkatan keterampilan sosial siswa dengan menggunakan perangkat PBM-BKBA yang dikembangkan; dan 6) Proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan komunikasi matematik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yakni tahap pertama pengembangan perangkat PBM-BKBA dengan menggunakan model pengembangan 4-D, dan tahap kedua mengujicobakan perangkat PBM-BKBA yang dikembangkan di kelas VIII/2 dan VIII/1 SMPN 1 Muara Batu. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) Perangkat PBM-BKBA yang dikembangkan valid dengan rata-rata total validitas RPP = 4,60, buku siswa = 4,60, LAS = 4,60; 2) Perangkat PBM-BKBA yang dikembangkan praktis, ditinjau dari: a) penilaian ahli/praktisi perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut dinyatakan dapat diterapkan; b) hasil pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran telah memenuhi kategori sangat tinggi dan lembar observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran telah dapat dikatakan baik; 3) Perangkat PBM-BKBA yang dikembangkan efektif, ditinjau dari: a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) aktivitas aktif siswa dalam batas toleransi yang telah ditetapkan; c) respon siswa terhadap komponen-komponen perangkat pembelajaran dan kegiatan pembelajaran positif; 4) Peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa dengan menggunakan perangkat PBM-BKBA yang dikembangkan; 5) Peningkatan keterampilan sosial siswa dengan menggunakan perangkat PBM-BKBA yang dikembangkan; dan 6) proses jawaban siswa pada uji coba II lebih baik dari uji coba I.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Auf p |
Keywords: | Pengembangan perangkat pembelajaran; Model 4-D; PBM-BKBA; Komunikasi matematik; Keterampilan sosial |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 07 Sep 2016 03:19 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 03:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19370 |