PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERDASARKAN KONTEKS BUDAYA ACEH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SMPN 1 MUARA BATU

Aufa, Mahrani (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERDASARKAN KONTEKS BUDAYA ACEH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SMPN 1 MUARA BATU. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8146171049 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8146171049 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8146171049 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8146171049 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (499kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8146171049 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8146171049 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8146171049 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8146171049 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8146171049 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8146171049 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8146171049 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8146171049 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8146171049 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8146171049 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8146171049 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8146171049 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8146171049 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8146171049 BAB I.pdf - Published Version

Download (542kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8146171049 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8146171049 BAB V.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8146171049 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8146171049 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Validitas perangkat PBM-BKBA yang dikembangkan; 2) Kepraktisan Perangkat PBM-BKBA yang dikembangkan; 3) Efektivitas perangkat PBM-BKBA yang dikembangkan; 4) Peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa SMPN 1 Muara Batu dengan menggunakan perangkat PBM-BKBA yang dikembangkan; 5) Peningkatan keterampilan sosial siswa dengan menggunakan perangkat PBM-BKBA yang dikembangkan; dan 6) Proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan komunikasi matematik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yakni tahap pertama pengembangan perangkat PBM-BKBA dengan menggunakan model pengembangan 4-D, dan tahap kedua mengujicobakan perangkat PBM-BKBA yang dikembangkan di kelas VIII/2 dan VIII/1 SMPN 1 Muara Batu. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) Perangkat PBM-BKBA yang dikembangkan valid dengan rata-rata total validitas RPP = 4,60, buku siswa = 4,60, LAS = 4,60; 2) Perangkat PBM-BKBA yang dikembangkan praktis, ditinjau dari: a) penilaian ahli/praktisi perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut dinyatakan dapat diterapkan; b) hasil pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran telah memenuhi kategori sangat tinggi dan lembar observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran telah dapat dikatakan baik; 3) Perangkat PBM-BKBA yang dikembangkan efektif, ditinjau dari: a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) aktivitas aktif siswa dalam batas toleransi yang telah ditetapkan; c) respon siswa terhadap komponen-komponen perangkat pembelajaran dan kegiatan pembelajaran positif; 4) Peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa dengan menggunakan perangkat PBM-BKBA yang dikembangkan; 5) Peningkatan keterampilan sosial siswa dengan menggunakan perangkat PBM-BKBA yang dikembangkan; dan 6) proses jawaban siswa pada uji coba II lebih baik dari uji coba I.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Auf p
Keywords: Pengembangan perangkat pembelajaran; Model 4-D; PBM-BKBA; Komunikasi matematik; Keterampilan sosial
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 07 Sep 2016 03:19
Last Modified: 07 Sep 2016 03:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19370

Actions (login required)

View Item
View Item