PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS ANTARA SISWA YANG BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DI MTS AL-AZHAR BI’IBADILLAH

Efridayani (2016) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS ANTARA SISWA YANG BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DI MTS AL-AZHAR BI’IBADILLAH. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8146172016 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 8146172016 COVER.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8146172016 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 8146172016 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8146172016 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 8146172016 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8146172016 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 8146172016 PREFACE.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8146172016 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 8146172016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8146172016 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. 8146172016 TABLES.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8146172016 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. 8146172016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8146172016 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. 8146172016 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (506kB) | Preview
[thumbnail of 12. 8146172016 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. 8146172016 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 13. 8146172016 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. 8146172016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran penemuan terbimbing, (2) Mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran penemuan terbimbing, (3) Mengetahui apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa, (4) Mengetahui apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, (5) Mengetahui proses jawaban siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan pemahaman konsep yang belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran penemuan terbimbing, (6) Mengetahui proses jawaban siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran penemuan terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa MTs Al-Azhar Bi’ibadillah yang berjumlah 512 siswa, dengan mengambil sampel dua kelas VIII berjumlah 65 siswa melalui tekhnik purposif random sampling. Analisis data dilakukan dengan Anava dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran penemuan terbimbing dengan nilai F0 4,145 lebih besar dari Ftabel 4,004, (2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran penemuan terbimbing dengan nilai F0 4,21 lebih besar dari Ftabel 4,004, (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa dengan F0 4,270 lebih besar dari Ftabel 3,153, (4) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan F0 3,84 lebih besar dari Ftabel 3,153, (5) Proses jawaban siswa dalam menyelesaikan tes pemahaman konsep siswa yang belajar dengan model pembelajaran penemuan terbimbing lebih baik daripada siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah, (6) Proses jawaban siswa dalam menyelesaikan tes berpikir kritis siswa yang belajar dengan model pembelajaran penemuan terbimbing lebih baik daripada siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Efr p
Keywords: Model pembelajaran berbasis masalah; Model pembelajaran penemuan terbimbing; Pemahaman konsep dan berpikir kritis; Teori belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LT Textbooks
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 07 Sep 2016 02:23
Last Modified: 07 Sep 2016 02:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19359

Actions (login required)

View Item
View Item