PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMPN 2 PADANGSIDIMPUAN MELALUI PEMBELAJARAN BERLANDASKAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK

Nasution, Ni’mah Khairani (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMPN 2 PADANGSIDIMPUAN MELALUI PEMBELAJARAN BERLANDASKAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8146172051 COVER TESIS.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8146172051 COVER TESIS.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 2.NIM 8146172051 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2.NIM 8146172051 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM 8146172051 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3.NIM 8146172051 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8146172051 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8146172051 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8146172051 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8146172051 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8146172051 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8146172051 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8146172051  DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8146172051 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8146172051 BAB I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8146172051 BAB I.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 12.NIM 8146172051 BAB V.pdf]
Preview
Text
12.NIM 8146172051 BAB V.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 13.NIM 8146172051 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13.NIM 8146172051 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diberi pembelajaran berlandaskan pendidikan matematika realistik secara signifikan lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diberi pembelajaran konvensional, (2) Apakah peningkatan kemandirian belajar siswa yang diberi pembelajaran berlandaskan pendidikan matematika realistik secara signifikan lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diberi pembelajaran konvensional, (3) Bagaimana proses jawaban siswa dalam menyelesaikan masalah, (4) Bagaimana aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran berlandaskan pendidikan matematika realistik. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen, dengan populasi siswa pada SMPN 2 Padangsidimpuan. Pemilihan sampel dilakukan secara random dengan mengacak kelas. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) Tes kemampuan pemecahan masalah matematik, (2) Skala kemandirian belajar, (3) Lembar observasi. Data penelitian ini dianilisis dengan menggunakan analisis deskriptif ditunjukkan untuk mendeskripsikan proses jawaban pada pembelajaran berlandaskan pendidikan matematika realistik dan konvensional serta aktivitas siswa dan analisis inferensial yang diuji dengan analisis kovarians (Anakova) dan Uji Mann Whitney. Dalam penelitian ini telah dikembangkan beberapa perangkat pembelajaran seperti RPP, LKS dan instrumen penelitian. Tes yang digunakan berbentuk uraian yang berhubungan dengan materi lingkaran dan telah dinyatakan valid dan reliabel dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,893 dan 0,95. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diberi pembelajaran berlandaskan pendidikan matematika realistik secara signifikan lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diberi pembelajaran konvensional, hal ini terlihat dari hasil anakova untuk Fhitung = 16,38 lebih tinggi daripada Ftabel = 4,01 serta konstanta persamaan regresi untuk kelas eksperimen yaitu 26,607 lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 19,898 (2) Peningkatan kemandirian belajar siswa yang diberi pembelajaran berlandaskan pendidikan matematika realistik secara signifikan lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diberi pembelajaran konvensional, dengan hasil uji Z sebesar -2,182 dan nilai Asymp sig(2-tailed) adalah 0,029, (3) Proses jawaban siswa dalam menyelesaikan masalah pada pembelajaran berlandaskan pendidikan matematika realistik lebih bervariasi dan telah memenuhi langkah-langkah berdasarkan indikator pemecahan masalah matematik, (4) Aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran berlandaskan pendidikan matematika realistik lebih aktif dari pada pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Nas p
Keywords: Pembelajaran berlandaskan pendidikan matematika realistik; Kemampuan pemecahan masalah matematik; Kemandirian belajar siswa; Teori belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 06 Sep 2016 01:53
Last Modified: 06 Sep 2016 01:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18554

Actions (login required)

View Item
View Item