Silitonga, Purnama (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING DAN KREATIVITAS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8126176018 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 8126176018 PERSETUJUAN DOSEN DAN PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
3. NIM. 8126176018 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4. NIM. 8126176018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
5. NIM. 8126176018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
6. NIM. 8126176018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
7. NIM. 8126176018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 8126176018 BAB I.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
12. NIM. 8126176018 BAB V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
13. NIM. 8126176018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses sains siswa dengan model pembelajaran inquiry training dan model pembelajaran konvensional, 2) untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses sains siswa yang memiliki kreativitas tinggi dan kreativitas rendah, 3) untuk mengetahui interaksi model pembelajaran inquiry training dengan kreativitas terhadap keterampilan proses sains. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 32 orang diterapkan model pembelajaran inquiry training (X-1) dan kelas kedua sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 32 orang yang diterapkan model pembelajaran konvensional (X-2). Instrumen dalam penelitian ini adalah tes keterampilan proses sains dan tes kreativitas berbentuk uraian. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inquiry training lebih baik dibandingkan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional, 2) keterampilan proses sains siswa dengan kreativitas tinggi lebih baik dibandingkan dengan siswa dengan kreativitas rendah, 3) terdapat interaksi antara model pembelajaran inquiry training dan kreativitas dalam mempengaruhi keterampilan proses sains siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 500.071 2 Sil p |
Keywords: | Model pembelajaran inquiry training; Kreativitas; Keterampilan proses sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Apr 2016 04:24 |
Last Modified: | 19 Apr 2016 04:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1823 |