Pardede, Erna (2015) EFEK MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY BERBASIS KOLABORASI DENGAN MEDIA FLASH TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF TINGKAT TINGGI FISIKA SISWA SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8136176010 COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
2. NIM 8136176010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
3. NIM 8136176010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
4. NIM 8136176010 FREFACE.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
5. NIM 8136176010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
6. NIM 8136176010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM 8136176010 TABLES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8. NIM 8136176010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM 8136176010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
13. NIM 8136176010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM 8136176010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan menentukan apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan prsoses sains siswa yang diajar dengan model pembelajaran guided discovery berbasis kolaborasi menggunakan media flash dengan pembelajaran konvensional, apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kemampuan kognitif tingkat tinggi fisika siswa yang diajar dengan model pembelajaran guided discovery berbasis kolaborasi menggunakan media flash dengan pembelajaran konvensional, apakah terdapat korelasi keterampilan proses sains siswa dengan hasil belajar kognitif tingkat tinggi pada kelas yang diberikan pembelajaran guided discovery berbasis kolaborasi menggunakan media flash. Populasi penelitian adalah seluruh SMA Negeri yang memiliki kurikulum, materi ajar, tingkat kelas yang sama. Sampel dalam penelitian ini diambil secara cluster random sampling, yaitu SMA Negeri 12 Medan sebanyak 2 kelas berjumlah 82 orang. Kelas eksperimen diberi pembelajaran dengan model pembelajaran guided discovery berbasis kolaborasi menggunakan media flash, kelas kontrol diberikan model pembelajaran konvensional. Teknik analisis data menggunakan Uji Independent T-Test dan uji korelasi dengan SPSS 17 for windows pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan proses sains siswa yang diberikan model pembelajaran guided discovery berbasis kolaborasi menggunakan media flash dengan pembelajaran konvensional, dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran guided discovery berbasis kolaborasi menggunakan media flash lebih baik dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif tinggi siswa yang diberikan pembelajaran guided discovery berbasis kolaborasi menggunakan media flash dengan pembelajaran konvensional, dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran guided discovery berbasis kolaborasi menggunakan media flash lebih baik dalam meningkatkan kemampuan kognitif tinggi siswa,dan terdapat korelasi keterampilan proses sains siswa dengan hasil belajar kognitif tingkat tinggi pada kelas yang diberikan pembelajaran guided discovery berbasis kolaborasi menggunakan media flash.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 500.207 12 Par e |
Keywords: | Guided Discovery; Media flash; Kolaborasi; Keterampilan proses sains; Kemampuan kognitif tingkat tinggi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Apr 2016 03:47 |
Last Modified: | 19 Apr 2016 03:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1815 |