EFEK MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY BERBASIS KOLABORASI DENGAN MEDIA FLASH TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF TINGKAT TINGGI FISIKA SISWA SMA

Pardede, Erna (2015) EFEK MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY BERBASIS KOLABORASI DENGAN MEDIA FLASH TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF TINGKAT TINGGI FISIKA SISWA SMA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM  8136176010 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8136176010 COVER.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM  8136176010 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8136176010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM  8136176010 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8136176010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM  8136176010 FREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8136176010 FREFACE.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM  8136176010 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8136176010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM  8136176010 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8136176010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM  8136176010  TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8136176010 TABLES.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM  8136176010  APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8136176010 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM  8136176010 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8136176010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM  8136176010 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8136176010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM  8136176010 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8136176010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menentukan apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan prsoses sains siswa yang diajar dengan model pembelajaran guided discovery berbasis kolaborasi menggunakan media flash dengan pembelajaran konvensional, apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kemampuan kognitif tingkat tinggi fisika siswa yang diajar dengan model pembelajaran guided discovery berbasis kolaborasi menggunakan media flash dengan pembelajaran konvensional, apakah terdapat korelasi keterampilan proses sains siswa dengan hasil belajar kognitif tingkat tinggi pada kelas yang diberikan pembelajaran guided discovery berbasis kolaborasi menggunakan media flash. Populasi penelitian adalah seluruh SMA Negeri yang memiliki kurikulum, materi ajar, tingkat kelas yang sama. Sampel dalam penelitian ini diambil secara cluster random sampling, yaitu SMA Negeri 12 Medan sebanyak 2 kelas berjumlah 82 orang. Kelas eksperimen diberi pembelajaran dengan model pembelajaran guided discovery berbasis kolaborasi menggunakan media flash, kelas kontrol diberikan model pembelajaran konvensional. Teknik analisis data menggunakan Uji Independent T-Test dan uji korelasi dengan SPSS 17 for windows pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan proses sains siswa yang diberikan model pembelajaran guided discovery berbasis kolaborasi menggunakan media flash dengan pembelajaran konvensional, dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran guided discovery berbasis kolaborasi menggunakan media flash lebih baik dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif tinggi siswa yang diberikan pembelajaran guided discovery berbasis kolaborasi menggunakan media flash dengan pembelajaran konvensional, dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran guided discovery berbasis kolaborasi menggunakan media flash lebih baik dalam meningkatkan kemampuan kognitif tinggi siswa,dan terdapat korelasi keterampilan proses sains siswa dengan hasil belajar kognitif tingkat tinggi pada kelas yang diberikan pembelajaran guided discovery berbasis kolaborasi menggunakan media flash.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 500.207 12 Par e
Keywords: Guided Discovery; Media flash; Kolaborasi; Keterampilan proses sains; Kemampuan kognitif tingkat tinggi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 19 Apr 2016 03:47
Last Modified: 19 Apr 2016 03:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1815

Actions (login required)

View Item
View Item