Saniman (2015) EFEK MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8116176016 Coper.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM 8116176016 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
3. NIM 8116176016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
4. NIM 8116176016 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
5. NIM 8116176016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
6. NIM 8116176016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
7. NIM 8116176016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
8. NIM 8116176016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
9. NIM 8116176016 Bab I.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
13. NIM 8116176016 BAB V.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
14. NIM 8116176016DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar fisika siswa dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dan pembelajaran konvensional, Untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar fisika siswa yang memiliki pemahaman konsep tinggi dan pemahaman konsep rendah, Untuk mengetahui apakah ada interaksi antara model pembelajaran dengan tingkat pemahaman konsep siswa dalam meningkatkan hasil belajar fisika. Sampel dalam penelitian ini dilakukan secara random sampling sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama sebagai kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas kedua sebagai kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes hasil belajar fisika dalam bentuk uraian sebanyak 8 soal dan insrumen tes pemahaman konsep fisika dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 8 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar fisika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan pembelajaran konvensional. Terdapat perbedaan hasil belajar fisika siswa yang memiliki pemahaman konsep tinggi dan pemahaman konsep rendah. Terdapat interaksi antara Model Pembelajaran dan pemahaman konsep terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 San e |
Keywords: | Aktifitas belajar; Model pembelajaran; Hasil belajar; Problem based learning; Pembelajaran konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Apr 2016 02:31 |
Last Modified: | 19 Apr 2016 02:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1793 |