EFEK MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA

Saniman (2015) EFEK MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8116176016 Coper.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8116176016 Coper.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8116176016 PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8116176016 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8116176016 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8116176016 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8116176016 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8116176016 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8116176016 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8116176016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8116176016 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8116176016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8116176016 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8116176016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8116176016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8116176016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8116176016 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8116176016 Bab I.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8116176016 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8116176016 BAB V.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8116176016DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8116176016DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar fisika siswa dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dan pembelajaran konvensional, Untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar fisika siswa yang memiliki pemahaman konsep tinggi dan pemahaman konsep rendah, Untuk mengetahui apakah ada interaksi antara model pembelajaran dengan tingkat pemahaman konsep siswa dalam meningkatkan hasil belajar fisika. Sampel dalam penelitian ini dilakukan secara random sampling sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama sebagai kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas kedua sebagai kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes hasil belajar fisika dalam bentuk uraian sebanyak 8 soal dan insrumen tes pemahaman konsep fisika dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 8 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar fisika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan pembelajaran konvensional. Terdapat perbedaan hasil belajar fisika siswa yang memiliki pemahaman konsep tinggi dan pemahaman konsep rendah. Terdapat interaksi antara Model Pembelajaran dan pemahaman konsep terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 2 San e
Keywords: Aktifitas belajar; Model pembelajaran; Hasil belajar; Problem based learning; Pembelajaran konvensional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 19 Apr 2016 02:31
Last Modified: 19 Apr 2016 02:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1793

Actions (login required)

View Item
View Item