Fitria, Ricca (2015) EFEK METODE GUIDED DISCOVERY DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF TINGGI FISIKA SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8136176030 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM 8136176030 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (862kB) | Preview
3. NIM 8136176030 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM 8136176030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
5. NIM 8136176030 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
6. NIM 8136176030 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
7. NIM 8136176030 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
8. NIM 8136176030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
9. NIM 8136176030 BAB I.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
13. NIM 8136176030 BAB V.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
14. NIM 8136176030 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode pembelajaran guided discovery lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, menganalisis sikap ilmiah di atas rata-rata lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan siswa yang memiliki sikap ilmiah di bawah rata-rata, serta menganalisis interaksi antara metode guided discovey dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar kognitif tinggi siswa .
Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Langsa semester II tahun ajaran 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini diambil secara cluster random class, yaitu sebanyak 2 kelas berjumlah 60 orang. Kelas X-1 sebagai kelas eksperimen diberi pembelajaran dengan metode pembelajaran guided discovery terdiri atas 30 orang siswa, kelas X-2 sebagai kelas kontrol diberikan model pembelajaran konvensional terdiri atas 30 orang siswa. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan Anava dua jalur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran guided discovery lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dalam meningkatkan hasil belajar kognitif tinggi siswa, siswa pada kelompok siswa yang memiliki sikap ilmiah di atas rata-rata lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa dari pada kelompok siswa yang memiliki sikap ilmiah di bawah rata-rata, terdapat interaksi antara metode pembelajaran guided discovery dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar kognitif tinggi siswa. Berinteraksi berarti pada satu sisi berpengaruh sedangkan disisi lain tidak berpengaruh. Sehingga hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode guided discovery berpengaruh optimal jika diajarkan pada siswa yang memiliki sikap ilmiah di atas rata-rata.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Fit e |
Keywords: | Guided discovery; Sikap ilmiah; Hasil belajar kognitif tinggi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 15 Apr 2016 08:26 |
Last Modified: | 15 Apr 2016 08:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1755 |