Zunanda, Muhammad (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA SMK. Masters thesis, UNIMED.
NIM.8136176025 Cover.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
NIM.8136176025 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (672kB) | Preview
NIM.8136176025 .ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
NIM.8136176025 .KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
NIM.8136176025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
NIM.8136176025 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
NIM.8136176025 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
NIM.8136176025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
NIM.8136176025 BAB I.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
NIM.8136176025 BAB V.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
NIM.8136176025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan keterampilan pemecahan masalah fisika siswa pada model pembelajaran problem based learning dan pembelajaran konvensional, perbedaan keterampilan pemecahan masalah fisika siswa antara siswa yang memiliki kemampuan berpikir di atas rata-rata dan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis di bawah rata-rata, serta interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan berpikir kritis dalam mempengaruhi keterampilan pemecahan masalah fisika siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama diajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas kedua dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes keterampilan pemecahan masalah dan tes kemampuan berpikir kritis. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan anava dua jalur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan pemecahan masalah fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, keterampilan pemecahan masalah fisika siswa dengan kemampuan berpikir kritis di atas rata-rata menunjukkan perbedaan dan hasil yang lebih baik dari pada siswa dengan kemampuan berpikir kritis di bawah rata-rata, serta terdapat interaksi antara model pembelajaran berbasis masalah dan kemampuan berpikir kritis dalam mempengaruhi keterampilan pemecahan masalah fisika siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 9 Zun p |
Keywords: | Model pembelajaran berbasis masalah; Kemampuan berpikir kritis; Keterampilan pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 15 Apr 2016 04:19 |
Last Modified: | 15 Apr 2016 04:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1749 |