Tamba, Herlopen (2015) EFEK MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS KOLABORATIF DAN PEMAHAMAN KONSEP TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS FISIKA SISWA SMP. Masters thesis, UNIMED.
NIM. 8126176012 COVER.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
NIM. 8126176012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
NIM. 8126176012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
NIM. 8126176012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
NIM. 8126176012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
NIM. 8126176012 TABLES.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
NIM. 8126176012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
NIM. 8126176012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
NIM. 8126176012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
NIM. 8126176012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
NIM. 8126176012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis kolaboratif lebih baik dibandingkan denan model Direct Instructional (DI). (2) untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa yang memiliki kemampuan pemahaman konsep tinggi lebih baik dibandingkan siswa yang memiliki pemahaman konsep rendah. (3) untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran Inkuiri terbimbing berbasis kolaboratif dan model pembelajaran Direct Instructional (DI) dan kemampuan pemahaman konsep terhadap keterampilan proses sains siswa. Sampel diambil dengan menggunakan cluster random sampling dimana kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen diajarkan dengan model inkuiri terbimbing berbasis kolaboratif dan kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol diajarkan dengan model pembelajaran Direct Instruction (DI). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes keterampilan proses sains dan pemahaman konsep. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan menggunakan model inkuiri terbimbing berbasis kolaboratif lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model Direct Instruction (DI). (2) keterampilan proses sains siswa yang memiliki pemahaman konsep tinggi lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memiliki pemahaman konsep rendah. (3) Terdapat interaksi antara model inkuiri terbimbing berbasis kolaboratif dan pemahaman konsep terhadap keterampilan proses sains siswa dimana model inkuiri terbimbing berbasis kolaboratif ini lebih baik diterapkan pada siswa yang memiliki pemahaman konsep tinggi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 500.071 Tam e |
Keywords: | Model pembelajaran; Kolaboratif; Pemahaman konsep; Keterampilan proses sains. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 Apr 2016 04:30 |
Last Modified: | 14 Apr 2016 04:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1709 |