Siregar, Hiba Dertyana (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION DAN PEMAHAMAN KONSEP AWAL TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8126176013 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 8126176013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
3. NIM. 8126176013 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM. 8126176013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
5. NIM. 8126176013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
6. NIM. 8126176013 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 8126176013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8. NIM. 8126176013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM. 8126176013 BAB I.pdf - Published Version
Download (640kB) | Preview
13. NIM. 8126176013 BAB V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM. 8126176013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: perbedaan keterampilan proses sains siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif group investigation dengan model pembelajaran direct instruction, perbedaan keterampilan proses sains siswa yang memiliki pemahaman konsep awal tinggi dan rendah, dan interaksi model pembelajaran kooperatif group investigation dan model pembelajaran direct instruction dengan pemahaman konsep awal dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas, dimana kelas X-3 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran direct instruction dan kelas X-2 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif group investigation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pemahaman konsep awal dalam bentuk pilihan ganda yang terdiri dari 10 soal dan tes keterampilan proses sains dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 15 soal.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) ada perbedaan keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif group investigation, 2) ada perbedaan keterampilan proses sains siswa yang memiliki pemahaman konsep awal tinggi dan rendah, 3) terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif group investigation dan pemahaman konsep awal terhadap keterampilan proses sains siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 500.071 2 Sir p |
Keywords: | Model pembelajaran kooperatif group investigation; Pemahaman konsep awal; Keterampilan proses sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 Apr 2016 04:21 |
Last Modified: | 14 Apr 2016 04:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1707 |