TEKNIK PETIKAN APOYANDO DALAM CHROMATIC SCALE DI USIA 12-19 TAHUN DI FLOW MUSIK MEDAN

Munthe, Megawati (2013) TEKNIK PETIKAN APOYANDO DALAM CHROMATIC SCALE DI USIA 12-19 TAHUN DI FLOW MUSIK MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2. NIM 071222510135 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 071222510135 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 071222510135 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 071222510135 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 071222510135 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 071222510135 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 071222510135 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 071222510135 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 071222510135 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM 071222510135 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 071222510135 BAB 1.pdf]
Preview
Text
7. NIM 071222510135 BAB 1.pdf - Published Version

Download (477kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 071222510135 BAB 5.pdf]
Preview
Text
8. NIM 071222510135 BAB 5.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 071222510135 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
9. NIM 071222510135 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan meneliti tentang teknik petikan apoyando dalam chromatic scale pada gitar klasik di usia 12-19 tahun di Flow Musik Medan dimana hal ini merupakan teknik yang dapat mempermudah siswa dalam meningkatkan permainan gitar. Tujuan dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui bagaimana teknik petikan apoyando dalam chromatic scale beserta fungsinya dan mendeskripsikan hasil belajar teknik petikan apoyando dalam chromatic scale yang diberikan kepada siswa usia 12-19 tahun di Flow Musik Medan.Penelitian ini berdasar kepada landasan teoritis yang menjelaskan bagaimana petikan apoyando dalam chromatic scale dapat mengembangkan cara bermain gitar klasik siswa pada usia 12-19 tahun di Flow Musik Medan, kemudian dianalisis secara sistematis untuk memperdalam atau menginterpretasi data secara spesifik dalam rangka menjawab keseluruhan pertanyaan penelitian.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa gitar umur 12-19 tahun, karena jumlah populasi besar, peneliti memperkecil dengan mengambil sampel dari siswa gitar klasik sebanyak 10 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, studi pustaka, dan angket. Setelah data-data terkumpul dari lokasi penelitian, kemudian peneliti melakukan analisis untuk menjawab seluruh pertanyaan penelitian yang terdapat pada pembatasan masalah. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif yang dideskripsikan secara bertahap sesuai dengan topik permasalahan, kemudian data-data diklasifikasikan sesuai isi yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan penelitian.Setelah analisis dilakukan, ditemukan hasil bahwa petikan apoyando dalam chromatic scale (jarak nada setengah) merupakan teknik memetik senar dengan cara menyandarkan jari pada senar berikutnya dan petikan ini bersuara tebal atau memerlukan tekanan (aksen), dalam chromatic scale teknik apoyando digunakan untuk bermain cepat sehingga pada kecepatan tertentu dapat menghasilkan irama yang bunyinya seperti lebah yang sedang terbang (ritem cepat). Hasil belajar petikan apoyando dalam chromatic scale pada gitar klasik di usia 12-19 tahun di Flow Musik Medan, siswa memainkan dengan sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 781.870 71 Mun t
Keywords: Teknik; Petikan; Apoyando; Chromatic Scale; Gitar; Klasik
Subjects: M Music and Books on Music > M Music > M5 Instrumental music
M Music and Books on Music > MT Instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 23 Nov 2016 03:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/16986

Actions (login required)

View Item
View Item