Perangin Angin, Despaleri (2015) EFEK MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASH DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI FISIKA SISWA SMA NEGERI I PERBAUNGAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8126175004 COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. NIM. 8126175004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
3. NIM. 8126175004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
4. NIM. 8126175004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
5. NIM. 8126175004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
6. NIM. 8126175004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 8126175004 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 8126175004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 8126175004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (524kB) | Preview
13. NIM. 8126175004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
14. NIM. 8126175004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika siswa pada model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan media flash dan pembelajaran konvensional, perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang memiliki sikap ilmiah di atas rata-rata dan di bawah rata-rata, serta interaksi antara model pembelajaran dengan tingkat sikap ilmiah dalam mempengaruhi kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama diajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan media flash dan kelas kedua dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan berpikir tingkat tinggi dan angket sikap ilmiah. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan anova dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan media flash lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dengan sikap ilmiah di atas rata-rata lebih baik dibandingkan dengan siswa yang sikap ilmiah di bawah rata-rata, serta terdapat interaksi antara model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan media flash dan sikap ilmiah dalam mempengaruhi kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Per e |
Keywords: | Model pembelajaran berbasis masalah; Media flash; Sikap ilmiah; Kemampuan berfikir tingkat tinggi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Apr 2016 08:50 |
Last Modified: | 11 Apr 2016 08:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1671 |