Tambunan, Elida H. (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DAN PEMAHAMAN KONSEP AWAL SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI SMA NEGERI 1 TELUK MENGKUDU. Masters thesis, UNIMED.
8126176007 Judul.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
8126176007 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
8126176007 Abstrak.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
8126176007 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
8126176007 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
8126176007 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8126176007 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8126176007 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8126176007 Bab I.pdf - Published Version
Download (561kB) | Preview
8126176007 Bab V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
8126176007 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan : Untuk mengetahui apakah ada Perbedaan hasil belajar fisika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan model pembelajaran direct instruction. Ada perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang memiliki pemahaman konsep awal tinggi dan siswa yang memiliki pemahaman konsep awal rendah. Interaksi antara model kooperatif group investigation dengan pemahaman konsep awal siswa dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini dilakukan secara cluster random sampling sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama sebagai kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran kooperatif group Investigation dan kelas kedua sebagai kelas kontrol diterapkan model pembelajaran direct instruction. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes hasil belajar fisika dalam bentuk uraian sebanyak 9 soal dan tes pemahaman konsep awal sebanyak 12 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar fisika siswa dengan model pembelajaran kooperatif group investigation dan model pembelajaran direct instruction. Terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang memiliki pemahaman konsep awal tinggi dan siswa yang memiliki pemahaman konsep awal rendah. Terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif group investigation dan pemahaman konsep awal siswa terhadap hasil belajar fisika. Model pembelajaran kooperatif group investigation lebih optimal diterapkan untuk siswa yang memiliki pemahaman konsep awal tinggi sedangkan model pembelajaran direct instruction pemahaman konsep awal tinggi dan rendah hasil belajar yang tidak berbeda
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Tam p |
Keywords: | Group investigation; Pemahaman konsep awal dan hasil |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 03:11 |
Last Modified: | 08 Apr 2016 03:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1574 |