Mardiana (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII MTS NEGERI 2 MEDAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD. Masters thesis, UNIMED.
8126171019 Judul.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
8126171019 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (826kB) | Preview
8126171019 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
8126171019 Abstrak.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
8126171019 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
8126171019 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
8126171019 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
8126171019 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
8126171019 Bab V.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
8126171019 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertitik tolak dari rendahnya kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa. Hal ini disebabkan oleh kurang relevannya model pembelajaran yang diterapkan guru selama ini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa kelas VII MTs Negeri 2 Medan melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan di MTs Negeri 2 Medan dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII dan objek penelitian adalah peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa.Dalam pelaksanaan penelitian ini telah dikembangkan perangkat dan instrumemen penelitian. Perangkat yang telah dikembangkan adalah (1) Rencana pelaksanaan penelitian, (2) Lembar aktivitas siswa. Instrument yang dikembangkan adalah (1) Tes kemampuan pemecahan masalah, (2) Tes kemampuan komunikasi matematis, (3) Lembar observasi aktivitas belajar siswa. seluruh perangkat dan instrumen yang digunakan telah divalidasikan. Hasil analisis data siklus II diperoleh gambaran sebagai berikut: (1) rerata nilai tes kemampuan pemecahan masalah 85,11 atau terdapat 96% dari 46 siswa memiliki tingkat pencapaian dengan kategori minimal “baik”, (2) rerata nilai tes kemampuan komunikasi matematis 86,43 atau terdapat terdapat 97% dari 46 siswa memiliki tingkat pencapaian dengan kategori minimal “baik”, (3) Pembelajaran dengan menggunakan kooperatif Tipe STAD dapat membuat aktivitas siswa berkategori lebih baik dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil pada siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa serta dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Peningkatan tersebut terjadi dengan berbagai revisi-revisi tindakan berdasarkan hasil-hasil refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 516.150 712 Mar u |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif tipe STAD; Pemecahan masalah; Komunikasi matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 02:03 |
Last Modified: | 08 Apr 2016 02:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1567 |