Hidayat, Muhammad Arif (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MTSN 2 MEDAN MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8106171014 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 8106171014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (594kB) | Preview
3. NIM. 8106171014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
4. NIM. 81061S71014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
5. NIM. 81061S71014 TABEL OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6. NIM. 81061S71014 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
7. NIM. 81061S71014 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
8. NIM. 81061S71014 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
9. NIM. 81061S71014 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
10. NIM. 81061S71014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (776kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kecerdasan emosional siswa MTsN 2 Medan melalui pendekatan matematika realistik, mendeskripsikan keefektifan pembelajaran matematika realistik untuk topik bangun datar di kelas VII MTsN 2 Medan,
Penelitian ini merupakan penelitian quansi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa MTsN 2 Medan. Pemilihan sampel dilakukan secara random dengan mengacak kelas. Siswa kelas VII (1) sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan pendekatan matematika realistikdan siswa kelas VII (5) sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan pemecahan masalah, angket kecerdasan emosional, aktivitas siswa, proses jawaban siswa.Analisis data dilakukan dengan uji t dan anava dua jalur.
Hasil utama dari penelitian ini adalah: (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika yang memperoleh pendekatan matematika realistik lebih tinggi dibandingkan siswa yang menggunakan pembelajaran biasa, (2) Peningkatan kecerdasan emosional siswa yang memperoleh pendekatan matematika realistik lebih tinggi dibandingkan siswa yang menggunakan pembelajaran biasa, (3) Terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik, dan (4) Terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap peningkatan kecerdasan emosional, (5) proses pembelajaran siswa selama pembelajaran PMR berlangsung lebih baik dan (6) Bentuk jawaban siswa lebih bervariasi dan lebih baik selama pembelajaran PMR dibandingkan dengan pembelajaran biasa. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan agar pembelajaran matematika realistik pada pembelajaran matematika dapat dijadikan alternatif bagi guru matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik dan kecerdasan emosional siswa sebagai salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran matematika yang inovatif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Hid p |
Keywords: | Pembelajaran Matematika Realistik; Kecerdasan Emosional; Proses Pembelajaran; Bentuk Jawaban Siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 00:58 |
Last Modified: | 08 Apr 2016 00:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1564 |