Adisaputra (2015) PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8096171001 COVER.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
2. NIM. 8096171001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (478kB) | Preview
3. NIM. 8096171001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. NIM 8096171001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
5. NIM. 8096171001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
6. NIM. 8096171001 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
7. NIM. 8096171001 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
8. NIM. 8096171001 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
9. NIM. 8096171001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 8096171001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
14. NIM. 8096171001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1). Untuk mengetahui apakah kemampuan penalaran matematika siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik lebih baik dari pada kemampuan penalaran matematika siswa yang diberi pembelajaran konvensional. (2). Untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diberi pembelajaran konvensional. (3). Untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan sikap siswa terhadap kemampuan penalaran matematika siswa. (4). Untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan sikap siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini adalah penelitian semi eksperimen yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Gebang. Kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dipilih secara acak. Dua kelas diambil secara acak dari kelas X sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen memperoleh pembelajaran dengan Pendekatan Matematika realistik dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data perbedaan kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematika siswa di analisis dengan tes Uji t, untuk melihat interaksi antara sikap siswa dengan model pembelajaran yang digunakan diuji dengan ANAVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan penalaran matematika siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik lebih baik dari pada kemampuan penalaran matematika siswa yang diberi pembelajaran konvensional., dengan skor rata-rata masing-masing 8,20 dan 7,30 dengan kategori sedang dan sedang. (2) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diberi pembelajaran konvensional, dengan skor rata-rata masing-masing 29,70 dan 27,00 dengan kategori sedang dan sedang (3) Analisis ANAVA menunjukkan bahwa terdapat interaksi antara pembelajaran dan sikap siswa terhadap kemampuan penalaran matematika siswa. (4) terdapat interaksi antara pembelajaran dan sikap siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 516.071 2 Adi p |
Keywords: | Penalaran matematika; Matematika realistik; Pembelajaran konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 06 Apr 2016 08:00 |
Last Modified: | 07 Apr 2016 06:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1545 |