PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMA

Adisaputra (2015) PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8096171001 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8096171001 COVER.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8096171001 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8096171001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (478kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8096171001 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8096171001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8096171001 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8096171001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8096171001 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8096171001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (461kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8096171001 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8096171001 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8096171001 LIST OF FIGURE.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8096171001 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8096171001 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8096171001 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8096171001 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8096171001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8096171001 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8096171001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8096171001 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8096171001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1). Untuk mengetahui apakah kemampuan penalaran matematika siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik lebih baik dari pada kemampuan penalaran matematika siswa yang diberi pembelajaran konvensional. (2). Untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diberi pembelajaran konvensional. (3). Untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan sikap siswa terhadap kemampuan penalaran matematika siswa. (4). Untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan sikap siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini adalah penelitian semi eksperimen yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Gebang. Kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dipilih secara acak. Dua kelas diambil secara acak dari kelas X sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen memperoleh pembelajaran dengan Pendekatan Matematika realistik dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data perbedaan kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematika siswa di analisis dengan tes Uji t, untuk melihat interaksi antara sikap siswa dengan model pembelajaran yang digunakan diuji dengan ANAVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan penalaran matematika siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik lebih baik dari pada kemampuan penalaran matematika siswa yang diberi pembelajaran konvensional., dengan skor rata-rata masing-masing 8,20 dan 7,30 dengan kategori sedang dan sedang. (2) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diberi pembelajaran konvensional, dengan skor rata-rata masing-masing 29,70 dan 27,00 dengan kategori sedang dan sedang (3) Analisis ANAVA menunjukkan bahwa terdapat interaksi antara pembelajaran dan sikap siswa terhadap kemampuan penalaran matematika siswa. (4) terdapat interaksi antara pembelajaran dan sikap siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 516.071 2 Adi p
Keywords: Penalaran matematika; Matematika realistik; Pembelajaran konvensional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 06 Apr 2016 08:00
Last Modified: 07 Apr 2016 06:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1545

Actions (login required)

View Item
View Item