Panjaitan, Gumpal H. (2014) ANALISIS TEKNIK PERMAINAN GITAR PADA LAGU NIRMALA CIPTAAN PAK NGAH. Undergraduate thesis, UNIMED.
208342021 COVER.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
208342021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (687kB) | Preview
208342021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
208342021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
208342021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
208342021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
208342021 BAB I.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
208342021 BAB V.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
208342021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan struktur musik yakni motif, frase, bentuk dan kalimat lagu dalam lagu Nirmala Ciptaan Pak Ngah.Penelitian ini bersifat kerja laboratorium untuk menganalisis lagu Nirmala Ciptaan Pak Ngah.Instrument penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari Studi Kepustakaan, dan Kerja Laboratorium. Dalam hal ini penulis mengkaji dan menelaah buku-buku mengenai analisis musik, sejarah musik, kamus musik, serta buku-buku lain yang relevan dengan topik penelitian. Pengumpulan data pada kerja laboratorium dilakukan dengan menganalisis partitur Analisis lagu Nirmala Ciptaan Pak Ngah berdasarkan teori yang diuraikan pada Bab II tersebut meliputi aspek biografi, motif, frase, bentuk, kalimat lagu, serta membuat penjelasan tentang makna atau interpretasi karya tersebut.Setelah menganalisis keseluruhan data, ditemukan beberapa kesimpulan yaitu : Struktur lagu Struktur lagu Nirmala terdiri dari tiga bagian yaitu, Senandung, Interlude awal, tema utama lagu. Tema lagu utama terdiri dari delapan bagian Syair pertama terdiri dari dua motif (A,A). Syair kedua terdiri dari empat motif (B,C,C,C). Syair ketiga terdiri dari enam motif (D,D,E,F,F,F). Syair keempat terdiri dari tiga motif(E,G,G). Syair kelima terdiri dari tiga motif (H,H,H). Syair keenam (reffrein) terdiri dari tiga motif (I,I,I). Interlude dalam hal ini melodi pada interlude sama persis seperti motif dan prase yang terdapat pada bagian reffrein.Bridge terdiri dari tujuh motif (J,K,J,K,L,L,M). Dalam analisa teknik permainan gitar diperoleh teknik permainan gitar yang digunakan dalam iringan lagu nirmalasecara keseluruhan menggunakan teknik petikan gitar flamenggo. Teknik flamenggo yang digunakan adalah pengembangan dari irama pop-melayu. Dampak penggunaan teknik flamenggo pada lagu Nirmala adalah merubah warna musik melayu menjadi lebih kaya warna, bunyi, ritme dan irama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 787.87 Pan a |
Keywords: | Gitar; Teknik Permainan; Struktur Musik; Bentuk Musik; Lagu Nirmala |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education M Music and Books on Music > M Music > M5 Instrumental music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 02 Sep 2016 04:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15013 |