Putri, Chika Kartika (2014) TARI SARAMA BABIAT TINJAUAN TERHADAP BENTUK. Undergraduate thesis, UNIMED.
209342032 COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
209342032 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (629kB) | Preview
209342032 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
209342032 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
209342032 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
209342032 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
209342032 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
209342032 BAB I.pdf - Published Version
Download (483kB) | Preview
209342032 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
209342032 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah membahas tentang asal-usul, isiceritadanbentuk yang terdapat pada tari Sarama Babiat.Untuk membahas penelitian ini menggunakan teori-teori yang berhubungan dengan topik seperti teori bentuk, teori tari, teori koreografi, pengertian tari Sarama Babiat, pengertian asal-usul dan pengertian akustik. Waktu penelitian dilakukan selama 2 bulan yaitu bulan Desember 2013 sampai dengan bulan Februari 2014. Lokasi penelitian ini dilakukan di Grup Kesenian Tapsel Madina Gunung Kulabu Pakantan-Medan. Metode yang digunakan untuk membahas bentuk tari Sarama Babiat menggunakan metode deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini sekaligus sebagai sampel yaitu narasumber, penari-penari, tokoh budaya masyarakat dan seniman yang mengetahui tentang bentuk dari tari Sarama Babiat . Teknik pengumpulan data meliputi studi kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi.Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat diuraikan bahwa bentuk tari Sarama Babiat terdiri dari 3 adegan yang harus tergambarkan yaitu marsantabi, manulak bala, dan manombak.Gerakan pada tari Sarama Babiat merupakan gerakan spontanitas atau improvisasi, tetapi diikatoleh 3 adegan tersebut. Dalam tari Sarama Babiat setiap adegan mempunyai sifat yang berbeda-beda.Sifat dari marsantabi adalah sopan. Sifat dari manulak bala adalah sakral sedangkan sifat dari manombak adalah marah. Adegan marsantabi mempunyai latar belakang memberi hormat kepada leluhur.Adegan manulak bala mempunyai latar belakang membuang kesialan. Sedangkan adegan manombak mempunyai latar belakang rasa marah. Tema dari tari Sarama Babiat adalah kemarahan. Suasana pada adegan marsantabi adalah ritual.Suasana pada manulak bala adalah mistis. Sedangkan suasana pada adegan manombak adalah kemarahan. Alat musik yang dipakai pada tari Sarama Babiat adalah gordang sambilan, mong-mongan, sarunedantalisasayat. Irama yang dipakai dalam tari Sarama Babiat yaitui rama Sarama Ulu Balang atau Babiat. Alatmusik pembawa tempo adalah gordang sambilan dan pembawa melodi adalah sarune.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 792.62 Put t |
Keywords: | Sarama Babiat; Tari; Koreografi; Akustik; Asal Usul; Mandailing |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education M Music and Books on Music > ML Literature on music > ML3400 Dance music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 02 Sep 2016 04:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15008 |