Sitanggang, Putri M (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA DI KELAS X AKUNTANSI SMK SWASTA RAKSANA 2 MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123142041 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 7123142041 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (531kB) | Preview
3. NIM. 7123142041 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4. NIM. 7123142041 PREFACE.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
5. NIM. 7123142041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6. NIM. 7123142041 TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 7123142041 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 7123142041 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
13. NIM. 7123142041 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
9. NIM. 7123142041 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
14. NIM. 7123142041 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Probing Prompting lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining pada siswa kelas X SMK Swasta Raksana 2 Medan Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Raksana 2. Sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas X Ak-1 berjumlah 40 orang pada kelas eksperimen II dan kelas X Ak-2 yang berjumlah 40 orang pada kelas eksperimen I. Teknik pengambilan sampel digunakan adalah total sample. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar akuntansi berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pre-test siswa kelas ekperimen 1 = 57,125 dengan Standar Deviasi = 15,102 dan nilai rata-rata post-test siswa setelah menggunakan model pembelajaran Probing Prompting = 83,625 dengan Standar Deviasi = 10,62. Sedangkan nilai rata-rata pre-test siswa kelas eksperimen 2 = 55,375 dengan Standar Deviasi = 12,678 dan nilai rata-rata post-test siswa setelah menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining = 77,625 dengan Standar Deviasi = 10,681. Dari analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistibusi normal (Lhitung < Ltabel) dan homogen (Fhitung < Ftabel). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan dipeoleh thitung > ttabel (2,526 > 1,667), yang berarti hipotesis dapat diterima pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05 dengan dk= N + N – 2 = 78.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Probing Prompting lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining pada siswa kelas X Akuntansi SMK Swasta Raksana 2 Medan T.P 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 087 |
Keywords: | Model Pembelajaran; Hasil Belajar Akuntansi;Probing Prompting |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Aug 2016 07:05 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 07:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14869 |