Asiyah, Nur (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA AL-HIDAYAH MEDAN T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7111541014 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7111541014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
7111541014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
7111541014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
7111541014 TABLE OFCONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
7111541014 TABLES.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
7111541014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
7111541014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (493kB) | Preview
7111541014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7111541014 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang rendah.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model PembelajaranKooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa KelasXI SMA AL-Hidayah Medan Tahun Pelajaran 2014/2015.Penelitian ini dilaksanakan di SMA AL-Hidayah Medan yang beralamat dijalan letda suono Gg Perguruan No. 4 Bandar Selamat Medan Tembung. Populasidalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA AL-Hidayah Medan.Teknik pengambilan sampel yang dilakuakan adalah teknik cluster randomsampling, yaitu kelas XI IPS1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 40 orang yangdiajar dengan model pembelajaran Think Pair Share dan kelas kontrol berjumlah40 orang yang di ajar dengan model pembelajaran konvensional. Instrumenpengumpulan data yang digunakan berupa tes hasil belajar mata pelajaranekonomi dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal. Data yang diperoleh dianalisa melalui uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis yang diajukansebagai acuan untuk membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwahasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Think Pair Share lebihtinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajarankonvensional.Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan modelpembelajaran Think Pair Share adalah pre test sebesar 40,38 dan post test sebesar70,25 sedangkan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajarankonvensional adalah pre test sebesar 38,13 dan post test sebesar 63,63. Hasilpengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,75 > 1,667 pada tarafsignifikan 95% dan α = 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adapengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap HasilBelajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA AL-Hidayah Medan TahunPelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 EKO 031 |
Keywords: | Model Think Pair Share,Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 07:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14529 |