Lubis, Rizka Fadillah (2015) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK (SCIENTIFIC APPROACH) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMA SWASTA BUDISATRYA MEDAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7113341058 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
7113341058 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
7113341058 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
7113341058 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7113341058 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
7113341058 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
7113341058 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
7113341058 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
7113341058 BAB I.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
7113341058 BAB V.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
7113341058 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomisiswa kelas X SMA Swasta Budisatrya Medan T.P 2014/2015. Tujuan penelitianini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X SMA Swasta BudisatryaMedan T.P 2014/2015 dengan menggunakan pendekatan pembelajaran saintifik(saintifik approach).Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Budisatrya Medan yangberalamat di Jl. Ledja Sujono. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswakelas X SMA Swasta Budisatrya Medan yang terdiri dari 2 kelas yaitu Kelas X-1sebagai kelas Eksperimen berjumlah 40 siswa dan kelas X-2 sebagai kelas kontrolberjumlah 40 siswa . Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah SampleRandom Sampling.Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukurhasil belajar siswa dalam bentuk tes yaitu pilihan berganda sebanyak 20 butir soal,dimana sebelumnya telah diuji cobakan untuk mengetahui tingkat validitas,reliabilitas, tingkat kesukaran tes dan daya beda tes.Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan pendekatansaintifik adalah pre tes sebesar 46,75 dan post tes sebesar 74,38 sedangkan hasilbelajar siswa yang diajarkan dengan pendekatan ekspositori adalah pre tessebesar 39,25 dan post tes sebesar 65,5. Hasil pengujian hipotesis yang diperolehthitung > ttabel yaitu 7,76> 1,673 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05. Dengandemikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Pendekatan Saintifik (ScientificApproach) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XSMA Swasta Budisatrya Medan T.P 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 EKO 033 |
Keywords: | Pendekatan Saintifik (Scientific Approach); Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 07:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14528 |