Simanjuntak, J. Meryana (2014) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DENGAN TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK SMK KARYA PENDIDIK BALIGE TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103142038 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
7103142038 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
7103142038 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
7103142038 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
7103142038 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7103142038 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7103142038 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
7103142038 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
7103142038 BAB I.pdf - Published Version
Download (472kB) | Preview
7103142038 BAB V.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
7103142038 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK SMK Karya Pendidik Balige melalui penerapan kolaborasi model pembelajaran Jigsaw dengan Time Token. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X AK SMK Karya Pendidik Balige yang terletak di Jl. Pelajar Soposurung Balige Kabupaten Toba Samosir. Objek penelitian ini adalah kolaborasi model pembelajaran Jigsaw dengan Time Token. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AK SMK Karya Pendidik Balige. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data adalah melalui observasi untuk melihat aktivitas belajar siswa dan tes untuk melihat hasil belajar siswa. Teknik analisa data dengan menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif.Hasil observasi terhadap aktivitas siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke Siklus II. Pada siklus I diperoleh 17 siswa (45,95%) untuk kriteria sangat aktif dan aktif. Sedangkan pada siklus II diperoleh 34 siswa (91,89%) siswa untuk kriteria sangat aktif dan aktif. Sehingga aktivitas belajar meningkat dari siklus I ke Siklus II sebesar 45,94%. Selanjutnya tes yang dilaksanakan pada siklus I terdapat 22 siswa (59,46%) dari 37 siswa yang mendapat nilai ≥ 70 dan 15 siswa (40,54%) mendapat nilai < 70 dengan nilai rata-rata 67,57. Pada siklus II siswa yang memperoleh nilai ≥70 sebanyak 34 siswa (91,89%) dan siswa yang memperoleh nilai < 70 sebesar 3 siswa (8,11%) dengan nilai rata-rata 80,27. Jadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 24,32%. Pengujian signifikan hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji t dengan dk = 37 – 1 = 36 dan taraf kesalahan (α) = 5%. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 15,68 dan ttabel = 2,0281. Sehingga thitung > ttabel (15,68 > 2,0281). Dengan demikian peningkatan hasil belajar akuntansi siswa pada siklus I memiliki peningkatan yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar akuntansi siswa pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Jigsaw dengan Time Token dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 9 Sim p |
Keywords: | Model; Pembelajaran; Jigsaw; Time Token; Penerapan Kolaborasi; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 03:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14282 |