Yusri (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONSTEKTUAL DENGAN STRATEGI REACT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IS MAN 2 TANJUNG PURA T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709441057-COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
709441057-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
709441057-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
709441057-ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
709441057-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
709441057-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
709441057-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
709441057-BAB I.pdf - Published Version
Download (520kB) | Preview
709441057 -BAB V.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
709441057-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
709441057-DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IS dengan menerapkan metode pembelajaran konstektual dengan strategi REACTPenelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Tanjung Pura. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IS yang berjumlah 30 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model konstektual dengan strategi REACT. Penelitian ini merupakan penelitian tidakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi aktivitas siswa untuk melihat aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Teknik analisis data terdiri dari dua tahap yaitu data kualitatif dan data kuantitatif.Hasil penelitian pada siklus I diperoleh aktivitas belajar siswa mencapai 43,33% keaktifan secara keseluruhan yaitu 13 siswa yang tergolong sangat aktif dan aktif. Di siklus II terdapat peningkatan keaktifan menjadi 83,33%. Hal ini telah memenuhi kriteria penilaian aktivitas dengan skor ≥23 aktif atau 71,88% yaitu 25 siswa yang tergolong sangat aktif dan aktif. Untuk perolehan hasil belajar di siklus I, terdapat 19 siswa (63,33%) yang memperoleh nilai tuntas dengan nilai rata-rata 71,5. Dan setelah siklus II, persentase ketuntasan secara keseluruhan sebesar 90% atau terdapat 27 siswa yang memperoleh nilai tuntas dengan nilai rata-rata 81,66, menunjukkan terjadi peningkatan ketuntasan secara keseluruhan sebesar 26,67% dari siklus I. Hal ini telah memenuhi kriteria penilaian hasil belajar jika 70% siswa telah memenuhi KKM ≥70. Ini berarti menunjukkan bahwa telah diperoleh ketuntasan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Pengujian signifikan hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji t dengan dk = 30-1 = 29 dan taraf kesalahan (α) = 5%. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 8,00 dan ttabel = 2,04. Sehingga thitung > ttabel (9,33 > 2,04). Dengan demikian peningkatan hasil belajar akuntansi siswa pada siklus I memiliki peningkatan yang signifikan dan positif terhadap hasil belajar Akuntansi siswa pada siklus II.Maka dalam hal ini Ha=X2>X1 diterima dan H0=X2=X1 ditolak.Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran konstektual dengan strategi REACT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IS pada standar kompetensi memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa di MAN 2 Tanjung Pura T.P 2013/2014.Kata kunci : Strategi pembelajaran, Aktivitas siswa, Hasil belajar akuntansi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Yus p |
Keywords: | Metode pembelajaran; Strategi pembelajaran; REACT; Model pembelajaran; Aktivitas belajar; Hasil belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 01:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13791 |