Siregar, Maisarah (2013) PENGARUH STANDARISASI UJIAN NASIONALTERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 15 MEDAN TA.2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141123-COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
709141123-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (510kB) | Preview
709141123-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
709141123-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
709141123-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
709141123-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
709141123-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
709141123-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
709141123-BAB I.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
709141123-BAB V.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
709141123-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh standarisasi ujian nasional terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS Di SMA Negeri 15 Medan TA.2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMAN 15 Medan kelas XI IPS yang berjumlah 151 orang yang terdiri dari 4 kelas dan untuk menentukan besarnya sampel, maka penulis mengutip dari macorr sehingga ditetapkan sebanyak 109 orang dari total populasi. Sampel penelitian dilakukan dengan proposional random sampling karena sampel yang diambil secara acak. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik angket yang berjumlah 20 butir pertanyaan. pengujian validitas menggunakan rumus korelasi product moment yang dikemukakan oleh Pearson. Reliabilitas diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknikanalisis data digunakan rumus regresi linear sederhana. Selanjutnya untuk ujihipotesis yang diajukan dalam penelitian ini menggunakan uji t.Hasil uji validitas menunjukkan seluruh pertanyaan variabel standarisasi ujiannasional memiliki nilai r􀭦􀭧􀭲􀭳􀭬􀭥>r􀭲􀭟􀭠􀭣􀭪. Berdasarkan hal tersebut maka seluruh pertanyaan dalam variabel Standarisasi Ujian Nasional dinyatakan valid. Untuk hasil pengujian terhadap reliabilitas Standarisasi Ujian Nasional menghasilkan angkaCronbachs Alpha = 0,694 > 0.444, Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkanitem pertanyaan kuesioner Standarisasi Ujian Nasional dalam penelitian inidinyatakan reliabel dan layak untuk digunakan sebagai alat pengumpulan data dalam penelitian ini. Dari regresi linear sederhana menunjukkan konstanta sebesar 73.529 menyatakan bahwa jika tidak ada variabel standarisasi ujian nasional maka prestasi belajar di SMA Negeri 15 Medan akan tetap ada sebesar 73.529dan Koefisien standarisasi ujian nasional sebesar 0.024 menyatakan bahwa setiap terjadi peningkatan satu satuan variabel standarisasi ujian nasional akan meningkatkan prestasi belajar siswa sebesar 0.024 (Y = 73.529 + 0.024X). Dari hasil penelitian ini diketahui nilai signifikan penelitian 0.643 untuk variabel Standarisasi Ujian Nasional(X), maka jika dibandingkan dengan taraf signifikan 􀟙sebesar 0.05 (0.643>0.05),dengan demikian hipotesis ditolak. Berdasarkan hasil penelitian ini Standarisasi ujian nasional bukan salah satu faktor dalam meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 15 Medan TA. 2012/2013. Faktor intern dan faktor ekstern dari siswa pribadi dapat dijadikan faktor dalam meningkatkan prestasi belajarnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.071 2 Sir p |
Keywords: | Standarisasi; Ujian Nasional; Jumlah; Alokasi Waktu; Pengawas; Prestasi Belajar; Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 04:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13725 |