Maris, Syariva (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN KONSEPTUAL FISIKA PADA TINGKAT SMP POKOK BAHASAN CAHAYA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
2. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
3. CURRICULUM VITAE.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
4. ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
5. PREFACE.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
7. ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. TABLES.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
9. APPENDICES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
10. CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
14. CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
15. BIBIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar pengetahuan
konseptual fisika siswa pada materi cahaya.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan desain
penelitian pretest-postest control group design. Penelitian dilaksanakan di
MTs.Swasta Nurul Iman Tanjung Morawa dengan teknik pengambilan sampel
secara cluster random sampling dan pemilihan kelas dilakukan secara random,
didapatkan siswa kelas VIII-6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-7 sebagai
kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini adalah tes esai pengetahuan konseptual dengan jumlah soal
15 item dan lembar observasi afektif serta keterampilan. Analisis data
menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5% dengan uji prasyarat normalitas dan
homogenitas.
Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata pretes kelas eksperimen adalah
12,24 dan kelas kontrol adalah 9,96 sedangkan rata-rata postes kelas eksperimen
adalah 42,90 dan kelas kontrol adalah 35,03. Peningkatan hasil belajar
pengetahuan konseptual sebesar 22,46 %. Berdasarkan hasil observasi didapatkan
rata-rata afektif siswa 2,17 dalam kategori baik sekali sedangkan rata-rata
keterampilan siswa 1,91 dalam kategori baik. Hasil uji hipotesis dengan uji t
dengan thitung > ttabel ( 2,2208 > 1,6697) menunjukkan hasil belajar pengetahuan
konseptual fisika dengan model kooperatif tipe GI lebih baik daripada
pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa
ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GI terhadap hasil belajar
pengetahuan konseptual.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 053 |
Keywords: | Group Investigation; Pengetahuan Konseptual; Cahaya |
Subjects: | Q Science > QC Physics > QC350 Optics. Light Q Science > QC Physics > QC474 Radiation physics (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Aug 2016 06:29 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 06:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12691 |