Suriadi, M. Fadli (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBASIS EKSPERIMEN RIIL DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS DI KELAS X MAN 1 STABAT T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123321029 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM 4123321029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
3. NIM 4123321029 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
4. NIM 4123321029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
5. NIM 4123321029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
6. NIM 4123321029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
7. NIM 4123321029 TABLES.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
8. NIM 4123321029 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
9. NIM 4123321029 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
10. NIM 4123321029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (445kB) | Preview
14. NIM 4123321029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
15. NIM 4123321029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi model pembelajaran Inquiry Training Berbasis Eksperimen Riil dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry Training Berbasis Eksperimen Riil pada materi Fluida Statis di Kelas X MAN 1 Stabat T.P 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester genap MAN 1 Stabat yang terdiri dari tiga kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yang ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran Inquiry Training berbasis eksperimen riil dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini digunakan tes hasil belajar yakni pilihan berganda yang terdiri atas 15 item dan tes kemampuan berpikir kritis yakni tes uraian yang terdiri dari 10 item yang telah divalidkan oleh validator. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis varians dua jalur.
Hasil penelitian diperoleh: 1) ada pengaruh hasil belajar akibat penerapan model pembelajaran Inquiry Training Berbasis Eksperimen Riil pada materi fluida statis, 2) ada pengaruh berpikir kritis tinggi dengan berpikir kritis rendah terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida statis, 3) terdapat interaksi antara model pembelajaran Inquiry Training Berbasis Eksperimen Riil dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida statis di kelas X MAN 1 Stabat T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 062 |
Keywords: | Inquiry Training; Eksperimen Riil; Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC669 Electromagnetic theory |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Aug 2016 05:18 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 05:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12687 |