Pratama, Ridho (2015) PENERAPAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII-2 SMP SWASTA ERIA MEDAN T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4111111018 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4111111018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4111111018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
4111111018 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4111111018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4111111018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
4111111018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
4111111018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
4111111018 BAB I.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
4111111018 BAB V.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
4111111018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi kubus dan balok dengan menerapkan strategi pembelajaran Think-Talk-Write di kelas VIII SMP Swasta Swasta Eria Medan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek Penelitian adalah siswa kelas VIII-2 SMP Swasta Eria Medan yang berjumlah 41 orang. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus.Dari hasil tes siklus I diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 65,85% dengan nilai rata-rata 70,73 dan pada siklus II terjadi peningkatan persentase ketuntasan klasikal menjadi 87,8% dengan rata-rata 82,11. Hal ini dapat juga dilihat dari hasil tes yang diberikan kepada siswa dari segi aspek pemecahan masalah yakni pada siklus I diperoleh 29 siswa (70,73%) yang dapat memahami masalah, 27 siswa (65,85%) yang dapat merencanakan penyelesaian masalah, 25 siswa (60,98%) yang dapat melaksanakan penyelesaian masalah dan 18 siswa (43,9%) yang dapat memeriksa kembali. Pada siklus II terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah, yakni 38 siswa (92,68%) yang dapat memahami masalah, 36 siswa (87,8%) yang dapat merencanakan penyelesaian masalah, 33 siswa (80,5%) yang dapat melaksanakan penyelesaian masalah dan 30 siswa (73,17%) yang dapat memeriksa kembali. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh observer, diperoleh pengelolaan pembelajaran yang dilakukan guru pada siklus I dapat dikategorikan baik. dan pada siklus II, tingkat kemampuan guru mengelola pembelajaran termasuk kategori sangat baik.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi kubus dan balok di SMP Swasta Eria Medan Tahun ajaran 2014/2015 sehingga pembelajaran Think-Talk-Write dapat dijadikan salah satu altenatif pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MAT 086 |
Keywords: | Think-Talk-Write; Kemampuan Pemecahan Masalah; Kubus dan Balok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 01:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12480 |