Muthiah, Deby Ryan (2015) PERBEDAAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH DENGAN MAKE A MATCH PADA MATERI ALAT INDERA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 21 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4111141003 COVER.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4111141003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
4111141003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
4111141003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
4111141003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
4111141003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
4111141003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
4111141003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4111141003 BAB I.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
4111141003 BAB V.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
4111141003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match dengan Make a Match pada materi AlatIndera di kelas XI IPA SMA Negeri 21 Medan tahun pembelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Untuk memperoleh aktivitas belajar siswa dilakukan Observasi dan untuk memperoleh hasil belajar dilakukan Tes dengan desain pretest and posttest group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 21 Medan tahun pembelajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa seluruhnya 145 orang siswa. Sampel diambil secara acak (random sampling) sebanyak dua kelas yaitu kelas IX IPA4 dan IX IPA3. Masing-masing berjumlah 37 orang siswa, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 74 orang siswa. IX IPA4 diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match dan kelas IX IPA3 diajar menggunakan tipe Make a Match. Perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa diuji menggunakan uji t (dua pihak) dengan α = 0,05. Data menunjukkan bahwa hasil thitung aktivitas = -4,33 dan thitung hasil belajar = -2,90, dan masing-masing tidak terletak antara ttabel -1,996 hingga 1,996 sehingga Ho ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa masing-masing ada perbedaan yang signifikan antara aktivitas dan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match dengan Make a Match pada materi alat indera di kelas XI IPA SMA Negeri 21 Medan tahun pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BIO 027 |
Keywords: | perbedaan; model pembelajaran kooperatif; index card match; make a match; aktivitas; hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 03:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12387 |