Nurzuriyati, - (2015) PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) YANG DI INTEGRASIKAN DENGAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN SISWA KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113331034 COVER.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
4113331034 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
4113331034 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
4113331034 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
4113331034 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
4113331034 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
4113331034 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4113331034 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
4113331034 BAB I.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
4113331034 BAB V.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
4113331034 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar kimia siswayang mendapat model pembelajaran PBL yang diintegrasikan dengan kooperatiftipe NHT lebih tinggi daripada yang mendapat model pembelajaran PBL,mengetahui apakah kemampuan berpikir kritis siswa yang mendapat modelpembelajaran PBL yang diintegrasikan dengan kooperatif tipe NHT lebih tinggidaripada yang mendapat model pembelajaran PBL, mengetahui persenpeningkatan hasil belajar kimia siswa yang mendapat model pembelajaran PBLyang diintegrasikan dengan kooperatif tipe NHT dan mengetahui persenpeningkatan hasil belajar kimia siswa yang mendapat model pembelajaran PBLpada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan. Populasi dalam penelitianini adalah seluruh kelas XI MIA SMAN 16 Medan, yang berjumlah 4 kelassedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil secarapurposif, yaitu kelas eksperimen I mengunakan model PBL yang diintegrasikandengan kooperatif tipe NHT dan kelas eksperimen II menggunakan model PBL.Berdasarkan analisa data diperoleh hasil pretest dan posttest kedua kelas yangberdistribusi normal dan kelompok yang homogen. Hasil posttest diperoleh rataratakelas eksperimen I 90,56, dan kelas eksperimen II 82,22. Rata-ratakemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen I sebesar 2855.7 ,eksperimen II sebesar 2566,8. Hasil uji t untuk hipotesis hasil belajar diperolehthitung = 10 dan ttabel = 0,77 sehingga thitung > ttabel (10 > 0,77) maka Ha diterima,artinya hasil belajar kimia siswa yang mendapat model pembelajaran PBL yangdiintegrasikan dengan kooperatif tipe NHT lebih tinggi. Hasil uji t untuk hipotesiskemampuan berpikir kritis siswa diperoleh thitung = 3,38 dan ttabel = 0,77 sehinggathitung > ttabel (3,38 > 0,77) maka Ha diterima, artinya kemampuan berpikir kritissiswa yang mendapat model pembelajaran PBL yang diintegrasikan dengankooperatif tipe NHT lebih tinggi pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kalikelarutan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 KIM 067 |
Keywords: | Problem Based Learning (PBL); Numbered Head Together (NHT); Hasil Belajar; Berpikir Kritis; Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 06:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12363 |