Hutauruk, Rico Charles (2015) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DI SMP PARULIAN 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103111068 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4103111068 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
4103111068 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
4103111068 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4103111068 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
4103111068 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
4103111068 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
4103111068 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
4103111068 BAB I.pdf - Published Version
Download (558kB) | Preview
4103111068 BAB V.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4103111068 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemecahan masalah matematika siswa melalui penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas viii smp parulian 2 Medan T.A 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Parulian 2 Medan yang berjumlah 35 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan pemecahan masalah matematika siswa dengan menerapkan pendekatan pembelajaran matematika realistik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes.Hasil penelitian pada siklus I diperoleh siswa yang memahami masalah 82,6% (baik), siswa yang mampu merencanakan penyelesaian masalah 68,57% (buruk), siswa yang mampu menyelesaikan masalah 62,86% (buruk), dan siswa yang mampu memeriksa kembali sebesar 54,29% (sangat buruk). Hasil penelitian pada siklus II diperoleh siswa yang memahami masalah 97,14% (sangat baik), siswa yang mampu merencanakan penyelesaian masalah 82,86% (baik), siswa yang mampu menyelesaikan masalah 88,57% (baik), dan siswa yang mampu memeriksa kembali sebesar 82,86% (baik). Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan observer diperoleh pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan peneliti pada siklus I termasuk dalam kategori cukup dengan nilai 68,75 dan pada siklus II dalam kategori baik dengan nilai 78,71.Berdasarkan uraian di atas disimpulkan penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas viii smp Parulian 2 Medan T.A 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Hut p |
Keywords: | pembelajaran matematika; pembelajaran matematika realistik; persamaan linier dua variabel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 09:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12208 |