Sasmi, Triani (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101131032 COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
4101131032 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
4101131032 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4101131032 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
4101131032 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4101131032 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4101131032 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4101131032 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4101131032 BAB I.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
4101131032 BAB V.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4101131032 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4101131032 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperlihatkan pengaruh hasil belajar kimiasiswa, peningkatan hasil belajar kimiasiswayang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning dengan model Pembelajaran Langsung (Direct Intruction), dan hubungan antara aktivitas dengan hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi ikatan kimia kelas X MAN 1 Medan. Sampel diambil secara purposive sampling sehingga diperoleh dua kelas yaitu kelas yang diberi pengajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning sebagai kelas eksperimen dan kelas yang diberi pengajaran model pembelajaran Langsung (Direct Instruction) sebagai kelas kontrol.Penelitian ini menggunakan instrument test yang telah diujicobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa diuji normalitas dan homogenitasnya, hasil yang didapat kedua kelompok sampel homogen dan berdistribusi normal. Hasil pengolahan data menunjukkan siswa pada kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai pretest 42,000 dan postest 84,375. Sedangkan siswa pada kelas kontrolmemiliki rata-rata nilai pretest 39,375 dan postest 74,125. Peningkatan hasil belajar siswa dihitung dengan bentuk gain ternormalisasi dan didapatkan persen peningkatan belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 73,13%, sedangkan persen peningkatan belajar siswa kelas kontrol sebesar 56,93%. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t satu pihak dan diperoleh thitung = 8,346 sedangkan ttabel = 1,652 untuk α = 0.05 dan db = 78. Dengan demikian thitung> ttabel, maka Ha diterima yakni Hasil belajar kimiasiswa yang diajardengan model pembelajaran Problem based learning lebih tinggi dari hasil belajar kimia siswa dengan model Pembelajaran Langsung (Direct Intruction),danterdapatpeingkatanhasilbelajar yang signifikanyaknisebesar 16,20 % pada pokok bahasan ikatan kimia di kelas X MAN 1 Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.224 971 2 Sas p |
Keywords: | Hasil Belajar;Model Pembelajaran;Pembelajaran berbasis masalah; Ikiatan kimia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 05:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12162 |