Harahap, Nila Wanni (2015) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DI SMP AL-HIDAYAH MEDAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4102111012 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4102111012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
4102111012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
4102111012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
4102111012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
4102111012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
4102111012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4102111012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
4102111012 BAB I.pdf - Published Version
Download (578kB) | Preview
4102111012 BAB V.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
4102111012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4102111012 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII-C di SMP AL-Hidayah Medan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi pokok sistem persamaan linier dua variabel. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C SMP AL-Hidayah Medan sebanyak 30 orang dan objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi pokok sistem persamaan linier dua variabel. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada setiap akhir siklus diberikan tes untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa.Hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada siklus I diperoleh 40 %, siswa yang memenuhi kriteria kemampuan pemecahan masalah dengan nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah 62,58 dan pada siklus II diperoleh 90 %, siswa telah memenuhi kriteria kemampuan pemecahan masalah dengan nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah 81,17. Kriteria peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam penelitian ini yaitu persentase banyaknya siswa yang sudah mampu memecahkan masalah pada siklus II lebih tinggi dibandingkan pada siklus I dan nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah pada siklus II lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah pada siklus I.Proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning semakin baik dari siklus I hingga siklus II. Dilihat dari hasil observasi proses pembelajaran yang mengalami peningkatan dari nilai rata-rata 2,1 kurang baik di siklus I menjadi 3,1 baik di siklus II. Maka dari hasil penelitian dapat disimpulkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa melalui penerapan pembelajaran Problem Based Learning pada materi sistem persamaan linear di kelas VIII-C SMP Al-Hidayah Medan tahun ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Har p |
Keywords: | pembelajaran matematika; pembelajaran problem based learning; persamaan linier dua variabel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 04:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12015 |