PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DENGAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT PADA MATERI EKSPONEN DI KELAS X MIA SMA NEGERI 15 MEDAN TAHUN AJARAN. 2014/2015

Tarigan, Mutia (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DENGAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT PADA MATERI EKSPONEN DI KELAS X MIA SMA NEGERI 15 MEDAN TAHUN AJARAN. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4101111033 COVER.pdf]
Preview
Text
4101111033 COVER.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 4101111033 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4101111033 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 4101111033 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4101111033 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 4101111033 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4101111033 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 4101111033 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4101111033 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 4101111033 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
4101111033 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 4101111033 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
4101111033 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 4101111033 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
4101111033 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 4101111033 BAB I.pdf]
Preview
Text
4101111033 BAB I.pdf - Published Version

Download (573kB) | Preview
[thumbnail of 4101111033 BAB V.pdf]
Preview
Text
4101111033 BAB V.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 4101111033 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
4101111033 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of 4101111033 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
4101111033 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Think Pair Share lebih tinggi daripada hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Missouri Mathematics Project di kelas X MIA SMA Negeri 15 Medan tahun ajaran 2014/2015.Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Populasi yang diambil adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 15 Medan Tahun Ajaran 2014/2015 sebanyak 327 siswa yang terbagi menjadi tujuh kelas paralel. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan banyak sampel yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah dua kelas, yaitu kelas X MIA-2 sebanyak 46 siswa sebagai kelas eksperimen A yang diajar dengan model pembelajaran Think Pair Share dan kelas X MIA-3 sebanyak 44 siswa sebagai kelas eksperimen B yang diajar dengan model pembelajaran Missouri Mathematics Project.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar yang terdiri atas pretest dan posttest masing-masing sebanyak enam butir tes uraian. Sebelum tes diberikan terlebih dahulu dianalisis untuk menentukan validitas isi tes dan selanjutnya diujicobakan untuk menentukan validitas konstruk, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda tes. Dari hasil pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen A adalah 1.059 dan kelas eksperimen B adalah 0.868 sedangkan untuk nilai rata-rata posttest kelas eksperimen A adalah 1.932 dan kelas eksperimen B adalah 1.252. Masing-masing kelas mengalami peningkatan dimana rata-rata peningkatan pada kelas eksperimen A sebesar 0.873 sedangkan pada kelas eksperimen B sebesar 0.384. Data tersebut menunjukkan bahwa peningkatan tertinggi terjadi di kelas eksperimen A yang dinyatakan sebagai akibat dari penerapan model pembelajaran yang berbeda antarkedua kelas tersebut. Berdasarkan pengujian hipotesis yang dilakukan yaitu dengan mengggunakan uji t satu pihak (pihak kanan) pada taraf signifikan (&#945;) = 0.05 diperoleh thitung (5.548) > ttabel (1.662). Hal ini menunjukkan bahwa thitung berada di luar penerimaan H0¬ maka berdasarkan kriteria pengujian H0 ditolak yang berarti Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Think Pair Share lebih tinggi daripada hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Missouri Mathematics Project pada materi eksponen di kelas X MIA SMA Negeri 15 Medan tahun ajaran 2014/2015 signifikan (P < 0.05).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 512.922 071 2 Tar p
Keywords: pembelajaran matematika; Think Pairf Share; pembelajaran kooperatif; missoun mathematics project; eksponen; bentuk akar; pangkat pecahan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 23 Aug 2016 03:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12003

Actions (login required)

View Item
View Item