Siallagan, Lydia Grace (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA MELALUI STRATEGI METAKOGNITIG PADA MATERI EKSPONEN DI KELAS X SMA SWASTA SULTAN HASANUDDIN AEK KANOPAN T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103111048 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4103111048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
4103111048 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
4103111048 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4103111048 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
4103111048 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
4103111048 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
4103111048 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
4103111048 BAB I.pdf - Published Version
Download (446kB) | Preview
4103111048 BAB V.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4103111048 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi metakognitf dalam meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi eksponen di kelas X SMA Swasta Sultan Hasanuddin Aek Kanopan.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Swasta Sultan Hasanuddin Aek Kanopan dengan jumlah siswa 28 orang dan objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa melalui penerapan strategi metakognitif pada materi eksponen. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi. Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana tiap akhir siklus diberi tes yang telah divalidasi oleh validator dan observasi dilakukan oleh observer yaitu Dosen Matematika Unimed dan guru matematika SMA Swasta Sultan Hasanuddin Aek Kanopan.Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa pada sikluss I adalah kategori cukup dan sedangkan pada siklus II aktivitas siswa adalah kategori baik. Jadi terdapat peningkatan aktivitas siswa dari siklus I dengan siklus II.Sebelum pemberian tindakan, terlebih dahulu diadakan tes diagnostik hasil belajar siswa. Dari 28 siswa yang mengikuti tes diagnostik, hanya 8 orang siswa yang nilainya mencapai KB sehingga ketuntasan klasikal yang diperoleh yaitu 28,57%. Serta nilai rata-rata kelas yang diperoleh hanya sebesar 55,18 dengan presentase sebesar 46,43% dan termasuk ke dalam kategori sangat rendah. Pada akhir siklus I, ada 15 orang siswa yang nilainya mencapai KB sehingga ketuntasan klasikal yang diperoleh menjadi 53,57%. Dan nilai rata-rata kelas yang diperoleh menjadi 67,35 dengan persentase sebesar 35,72% dan termasuk ke dalam kategori rendah. Pada akhir siklus II, sebanyak 25 orang siswa yang nilainya mencapai KB sehingga ketuntasan klasikal yang diperoleh menjadi 89,29%. Dan nilai rata-rata kelas yang diperoleh menjadi 80,89 dan persentasenya sebesar 14,29% termasuk ke dalam kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.922 071 2 Sia u |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Taksonomi Bloom; Metakognitif; Materi Eksponen; Pangkal Bulat Negatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 06:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11579 |