Limbong, Esti Nora (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CAHAYA DI KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 10 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 4103121024 COVER.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
2.NIM 4103121024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
3.NIM 4103121024 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
4.NIM 4103121024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
5.NIM 4103121024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
6.NIM 4103121024 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
7.NIM 4103121024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
8.NIM 4103121024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
9.NIM 4103121024 BAB I.pdf - Published Version
Download (501kB) | Preview
10.NIM 4103121024 BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
11.NIM 4103121024 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
12.NIM 4103121024 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi pokok Cahaya di Kelas VIII Semester II SMP Negeri 10 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 13 kelas paralel yang masing-masing berjumlah 30 orang siswa. Sampel penelitian diambil 2 kelas dengan cara cluster random sampling yaitu kelas VIII-L sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas VIII-M sebagai kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Sebelum proses belajar mengajar dimulai, terlebih dahulu dilakukan pretes ternyata kedua kelas berdistribusi normal dan homogen berdasarkan thitung = 0,667 < ttabel = 2,002 hal ini menunjukkan kemampuan awal kedua kelas sama. Instrumen yang diberikan menggunakan tes pilihan berganda, sebanyak 25 soal (a,b,c dan d) yang terlebih dahulu sudah divalidasi oleh validator kemudian dilakukan pembelajaran yang berbeda dan setelah selesai pembelajaran dilakukan postes. Dari data penelitian diperoleh nilai rata
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 535.140 712 Lim p |
Keywords: | aktivitas belajar; hasil belajar; model pembelajaran; pembelajaran kooperatif; STAD; pemantulan cahaya; sifat cahaya; pembelajaran konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Oct 2016 01:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11518 |