PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CAHAYA DI KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 10 MEDAN

Limbong, Esti Nora (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CAHAYA DI KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 10 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.NIM 4103121024 COVER.pdf]
Preview
Text
1.NIM 4103121024 COVER.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 2.NIM 4103121024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2.NIM 4103121024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM 4103121024 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3.NIM 4103121024 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 4.NIM 4103121024 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4.NIM 4103121024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[thumbnail of 5.NIM 4103121024 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5.NIM 4103121024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 6.NIM 4103121024 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6.NIM 4103121024 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 7.NIM 4103121024 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7.NIM 4103121024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 8.NIM 4103121024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8.NIM 4103121024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of 9.NIM 4103121024 BAB I.pdf]
Preview
Text
9.NIM 4103121024 BAB I.pdf - Published Version

Download (501kB) | Preview
[thumbnail of 10.NIM 4103121024 BAB V.pdf]
Preview
Text
10.NIM 4103121024 BAB V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 11.NIM 4103121024 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11.NIM 4103121024 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of 12.NIM 4103121024 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
12.NIM 4103121024 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi pokok Cahaya di Kelas VIII Semester II SMP Negeri 10 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 13 kelas paralel yang masing-masing berjumlah 30 orang siswa. Sampel penelitian diambil 2 kelas dengan cara cluster random sampling yaitu kelas VIII-L sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas VIII-M sebagai kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Sebelum proses belajar mengajar dimulai, terlebih dahulu dilakukan pretes ternyata kedua kelas berdistribusi normal dan homogen berdasarkan thitung = 0,667 < ttabel = 2,002 hal ini menunjukkan kemampuan awal kedua kelas sama. Instrumen yang diberikan menggunakan tes pilihan berganda, sebanyak 25 soal (a,b,c dan d) yang terlebih dahulu sudah divalidasi oleh validator kemudian dilakukan pembelajaran yang berbeda dan setelah selesai pembelajaran dilakukan postes. Dari data penelitian diperoleh nilai rata

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 535.140 712 Lim p
Keywords: aktivitas belajar; hasil belajar; model pembelajaran; pembelajaran kooperatif; STAD; pemantulan cahaya; sifat cahaya; pembelajaran konvensional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 24 Oct 2016 01:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11518

Actions (login required)

View Item
View Item