Siregar, Hamidah (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CAHAYA DI KELAS VIII SEMESTER II SMP SWASTA NURUL HASANAH MEDAN T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103121028 COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
4103121028 LEMABR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
4103121028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
4103121028 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
4103121028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
4103121028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4103121028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4103121028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4103121028 BAB I.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
4103121028 BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4103121028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
4103121028 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi Cahaya di kelas VIII SMP Swasta Nurul Hasanah Medan T.P 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Nurul Hasanah Medan yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas VIII-1 dengan menggunakan model pembelajaran STAD dan kelas VIII-2 dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu pertama tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 4 option sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid oleh para ahli, yang kedua adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa. Untuk menguji hipotesis digunakan uji beda (uji t), setelah uji prasyarat dilakukan, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.Nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi Cahaya adalah 75,97 dan dengan pembelajaran konvensional adalah 68,5. Peningkatan aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan persentase N-Gain aktivitas untuk pertemuan I ke II = 31% dan persentase N-Gain aktivitas untuk pertemuan II ke III = 35% yang termasuk pada kriteria nilai sedang. Berdasarkan hasil analisis perhitungan uji t, terdapat perbedaan yang signifikan akibat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi Cahaya di kelas VIII semester II SMP Swasta Nurul Hasanah Medan T.P 2013/2014. 
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 535.140 712 Sir p |
Keywords: | aktivitas pembelajaran; pembelajaran kooperatif; STAD; pembelajaran konvensional; cahaya; pemantulan cahaya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 07:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11508 |