Sianturi, Rebecca (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT BERBANTU MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DIKELAS X SEMESTER II SMA N 6 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.4103121053 COVER.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
2. NIM.4103121053 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (453kB) | Preview
3. NIM.4103121053 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
4. NIM.4103121053 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
5. NIM.4103121053 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
6. NIM.4103121053 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
7. NIM.4103121053 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
8. NIM.4103121053 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
9. NIM.4103121053 BAB I.pdf - Published Version
Download (554kB) | Preview
10. NIM.4103121053 BAB V.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
11. NIM.4103121053 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
12. NIM. 4103121053 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini betujuan untuk mengetahui perbedaan akibat pengaruhpenerapan model pembelajaran pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantu mediaanimasi terhadap hasil belajar siswaJenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen Populasi dalam penelitianadalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 6 Medan yang terdiri dari 6kelas Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random samplingdengan mengambil 2 kelas dari 6 kelas secara acak yaitu kelas X 6 sebagai kelaseksperimen dan kelas X 4 sebagai kelas kontrol Kelas eksperimen berjumlah 33orang dan kelas kontrol berjumlah 33 orang Instrumen yang digunakan dalampenelitian ini adalah tes hasil belajar lembar observasi aktivitas belajar siswalembar penilaian sikap dan lembar penilaian keterampilan Tes hasil belajar dalambentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal yang telah divalidkan olehvalidator kemudian di uji cobakan untuk mengetahui reliabilitas tingkatkesukaran dan daya beda soalNilai rata rata hasil belajar siswa yang diberi perlakuan dengan modelpembelajaran kooperatif tipe NHT berbantu media animasi adalah 76 06 dandengan pembelajaran konvensional adalah 69 1 Peningkatan aktivitas belajarsiswa selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajarankooperatif tipe NHT berbantu media animasi dengan persentase N Gain aktivitasuntuk pertemuan I dan II adalah 36 dan persentase N Gain aktivitas untukpertemuan II dan III adalah 43 yang termasuk pada kriteria nilai sedang dandengan menggunakan pembelajaran konvensional dengan persentase N Gainaktivitas untuk pertemuan I dan II adalah 8 dan persentase N Gain aktivitasuntuk pertemuan II dan III adalah 11 yang termasuk pada kriteria nilai rendah Berdas rkan hasil analisis perhitungan uji t terdapat perbedaan yang signifikanakibat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantumedia animasi terhadap hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 537.607 12 sia p |
Keywords: | Model pembelajaran; NHT; Media animasi; Hasil belajar listrik dinamis; Hukum ohm; Rangkaian hambatan; Energi dan daya; Alat ukur listrik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 13 Oct 2016 07:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11448 |