Simamora, Ellinora (2014) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) YANG DIKOMBINASIKAN DENGAN MIND MAPPING (PEMBUATAN PETA PIKIRAN) PADA MATERI EKOSISTEM DIKELAS X SMA NEGERI 17 MEDAN PAD. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103141017 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
4103141017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
4103141017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4103141017 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4103141017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4103141017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103141017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103141017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4103141017 BAB I.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
4103141017 BAB V.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4103141017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-3 SMA Negeri Medan dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan strategi Mind Mapping mata pelajaran Biologi.Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X-3 SMA Negeri 17 Medan Tahun pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini di desain dalam bentuk penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dengan dua siklus. Adapun yang menjadi indikator keberhasilan penelitian meliputi: persentase peningkatan hasil belajar, ketuntasan belajar, dan hasil dari penilaian peta pikiran yang dikerjakan oleh siswa.Instrumen yang digunakan adalah tes kognitif siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa sebesar 15. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada pretest adalah 50,04 rata-rata postest I adalah 66,04 (20 siswa tuntas) dan nilai rata-rata siswa pada postest II adalah 86,04 (36 siswa tuntas). Persentase ketuntasan nilai siswa secara klasikal pada siklus I adalah 48,83%, hal ini belum mencapai kriteria ketuntasan seacar kalsikal karena belum mencapai ≥80%. Pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar siswa menjadi adalah 82,04%. Dalam aspek psikomotorik, yaitu penilaian terhadap hasil peta pikiran (mind mapping) siswa menunjukkan nilai yang baik. Untuk penilaian pada peta pikiran pada siklus I, siswa mendapatkan persentase rata-rata 67,70%, dan hasilnya meningkat pada siklus II menjadi 78,85%.Hasil penelitian membuktikan,kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar kelas X-3 SMA Negeri 17 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 577.107 12 Sim u |
Keywords: | pembelajaran biologi; pembelajaran kooperatif; tipe STAD; mind mapping; tindakan kelas; ekosistem |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 08:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11343 |