Adhysta, Yola (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU MEDIA KARTU BERPASANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103131079 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4103131079 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
4103131079 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4103131079 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4103131079 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
4103131079 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
4103131079 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4103131079 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
4103131079 BAB I.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
4103131079 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4103131079 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL) berbantu media kartu berpasangan lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional pada materi tata nama senyawa, bagaimana korelasi sikap kerjasama terhadap peningkatan hasil belajar siswa dan seberapa besar kontribusinya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPA SMAN 7 Medan, yang berjumlah 6 kelas sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil secara purposif, 1 kelas sebagai kelas eksperimen dan 1 kelas lagi sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekperimental. Instrumen tes yang valid sebanyak 20 soal dan dinyatakan reliabel = 0,7866. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil pretest dan gain pada kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal dan homogen. Sedangkan untuk uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung ≥ ttabel, yakni 9,21 > 1,6671, berarti Ha diterima dan tolak Ho yaitu peningkatan hasil belajar kimia siswa yang menerapkan model Problem Based Learning (PBL) berbantu media kartu berpasangan lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada materi tata nama senyawa di kelas X IPA SMA Negeri 7 Medan yaitu 82,90% > 69,31% . Untuk korelasi, menunjukan korelasi positif antara sikap kerjasama siswa dalam kelompok dengan peningkatan hasil belajar yaitu r hitung > r tabel (0,7430 > 0,312) dengan koefisien determinasi 55,20.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 546.071 2 Adh p |
Keywords: | hasil belajar; kerjasam; problem based learning; model konvensional (ceramah); media pembelaajran; tata nama senyawa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 04:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11293 |