Fariz (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) DAN MODEL PEMBELAJARAN LSQ (LEARNING START WITH A QUESTION) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
409431013 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
409431013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
409431013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
409431013 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
409431013 DAGFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
409431013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
409431013 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
409431013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
409431013 BAB I.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
409431013 BAB V.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
409431013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran LSQ (Learning Start with a Question) pada pokok bahasan koloid. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA di SMA Negeri 7 Medan pada tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 5 kelas dan rata-rata setiap kelas terdiri dari 40 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil secara purposif. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Hasil penelitian ini pada taraf signifikansi 5% (α =0,05)menunjukkan bahwa thitung < - t ½ α (-3,25 < -1,99) yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kimia siswa yang diajar menggunakan model NHT (Numbered Heads Together) dengan hasil belajar kimia siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran LSQ (Learning Start with a Question). Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran LSQ (79,17±11,30) lebih tinggi dibanding dengan menggunakan model NHT (70,13±12,93). Peningkatan belajar pada kelas yang diajar menggunakan NHT sebesar 53% dan peningkatan hasil belajar pada kelas yang diajar menggunakan LSQ sebesar 68%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.345 071 2 Far p |
Keywords: | Hasil belajar;Model Pembelajaran;Koloid |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 06:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11169 |