Sitorus, Ulfani (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMGAMESAND TOURNAMENT (TGT) BERBASIS MEDIATEKATEKI SILANG (TTS)TERHADAP PENINGKATAN HASILBELAJAR KIMIA PADA POKOK BAHASANHIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.
409131081 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
409131081 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
409131081 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
409131081 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
409131081 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
409131081 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
409131081 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
409131081 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
409131081 BAB I.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
409131081 BAB V.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
409131081 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games and Tournament (TGT) berbasis media Teka-Teki Silang (TTS) pada pokok bahasan Hidrokarbon di SMA Negeri 1 Deli Tua kelas X tahun ajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Deli Tua yang berjumlah 8 kelas. Sampel penelitian ini sebanyak 2 (dua) kelas yaitu sebagai kelas eksperimen dan kontrol yang diambil dengan cara sampling purposif. Kelas eksperimen diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbasis media TTS. Sementara kelas kontrol diajar dengan menggunakan model konvensional berbasis media TTS. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa prestasi belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe TGT berbasis media TTS (81,9643±6,8501) lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional berbasis media TTS (77,1667±6,2537). Analisis statistik menunjukan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TGT berbasis media TTS lebih bak dibandingkan dengan pembelajaran konvensional berbasis media TTS (pengujian hipotesis dengan uji t satu pihak / pihak kanan diperoleh nilai thitung> ttabel yaitu 2,6068 > 1,407).Dengan melihat keberhasilan pengajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TGT berbasis media teka-teki silang maka perlu diaplikasikan penelitian ini dalam pengajaran materi kimia lainnya ataupun diluar mata pelajaran lainnya. 
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 547.010 71 Sit p |
Keywords: | Belajar Mengajar; Belajar Kimia; Pembelajaran Konvensional; Kooperatif Tipe TGT; Media; Hidrokarbon |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 02:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11159 |